Gubernur Jatim Khofifah bersama empat bupati meluncurkan logo dan maskot Porprov VI tahun 2019. (Medcom.id/Amal). (Amaluddin)
Gubernur Jatim Khofifah bersama empat bupati meluncurkan logo dan maskot Porprov VI tahun 2019. (Medcom.id/Amal). (Amaluddin) (Amaluddin)

Khofifah Kenalkan Filosofi Logo dan Maskot Porprov VI

olahraga
Amaluddin • 26 Juni 2019 19:39
Surabaya: Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meluncurkan logo dan empat Maskot Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VI, di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Rabu, 26 Juni 2019. Logo dan maskot dari empat daerah yang menjadi tuan rumah Porprov itu, masing-masing memiliki arti dan filosofi.
 
Untuk logo Porprov tahun 2019 ini, hampir mirip dengan logo Porprov pada tahun 2015 lalu. Lambang gapura khas provinsi Jatim dan obor api melambangkan kobaran semangat para atlet untuk mengejar prestasi setinggi-tingginya.
 
Sementara untuk maskot, pada Porprov kali ini mengusung karakter Beki (ayam bekisar) sebagai maskot Jatim, ayam bekisar sebagai representasi salah satu fauna khas Jatim. "Ayam bekisar ini melambangkan sifat berani, lincah, milenial, dan berprestasi," kata Khofifah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain Beki , Khofifah juga memperknalkan maskot masing-masing tuan rumah. Pertama, Si Giro maskot dari Kabupaten Gresik. Giro adalah adalah karakter kerbau giras yang menjadi simbil berkobarnya semangat masyarakat Gresik secara umum.
 
Kedua, Lilo maskot Kabupaten Lamongan. Dengan karakter Bandeng dan Lele sebagai inspirasi bentuk dan karakter. Lilo inisial Lele Lokal khas Lamongan yang merepresentasikan kelincahan, kecerdasan dan semangat juang tanpa henti dan mampu mengobarkan jiwa dan semangat di Porprov VI ini.
 
Ketiga, Si Meli Maskot Kabupaten Bojonegoro. Si Meli adalah Mliwis Putih yang merepresentasikan kebanggaan masyarakat Bojonegoro yang berkepribadian lincah, cepat, cerdas dan berprestasi. 
 
Keempat, Si Lawe maskot dari kabupaten Tuban. Si Lawe adalah simbol kuda yang membawa jiwa semangat, kecepatan, kekuatan, menjunjung nilai sportivitas, fair play dan penuh komitmen. SI Lawe ini adalah penggambaran dari sosok ketokohan RH Ronggolawe, Adipati Tuban. "Tuban sendiri dikenal dengan Ronggolawe, sosok penting pendiri Majapahit," ujarnya.
 
Acara Porprov sendiri akan berlangsung mulai 6 hingga 13 Juli mendatang. Perhelatan ini akan diikuti oleh 7818 atlet dari berbagai cabang olahraga (cabor), dan 2484 official dari seluruh Jawa Timur. Acara opening ceremony akan dilaksanakan di Stadion Surajaya Lamongan, Sabtu, 6 Juli 2019, dan closing ceremony di Stadion Tuban, Sabtu, 13 Juli 2019.
 
"Kita berharap pelaksanaan Porprov VI 2019 ini, mampu mendongkrak sektor Usaha Kecil Menengah (UKM) di masing-masing kabupaten selaku tuan rumah. Terutama merchandise Porprov VI, apakah itu replika maskot, kaus, dan juga barang-barang lainnya," kata Khofifah.
 

(ALB)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif