Kepala Kantor Pos Besar Malang, Dadang Budi Ganjaran, mengatakan, setiap tahun tren peningkatan pengiriman paket meningkat drastis. Kenaikan mulai terasa lima hari terakhir. Rata-rata setiap harinya ada 400-450 paket kiriman yang tercatat. Daerah tujuan pun merata di setiap daerah di Indonesia. Sedangkan paket yang datang bisa mencapai 8.000 paket setiap harinya.
“Mendekati hari raya jumlahnya dipastikan naik, tahun ini kami prediksi peningkatannya sampai 150 persen. Untuk uang rata-rata dari luar negeri," kata dia, Senin (20/6/2016).
Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?
Agar pelayanan tetap maksimal, jam kerja di Kantor Pos diperpanjang hingga pukul 22.00 WIB setiap harinya. Bahkan, hari Minggu pihaknya tetap beroperasi, tetapi hanya menerima barang kiriman dari daerah lain.
Loket yang disiapkan saat ini ada 13 loket. Satu di antaranya loket khusus barang berukuran besar.”Nanti kalau kurang kami siapkan loket tambahan, saat ini masih dapat ditangani,” ujarnya.
Mantan Kepala Kantor Pos Bandar Lampung itu mengaku akan melayani pengiriman paket sampai H-7 lebaran, khusus paket kilat dan khusus dapat dilayani hingga H-2.
”Harga per paket disesuaikan dengan tujuan, tidak ada kenaikan biaya, sama seperti hari biasanya. Kami beri kemudahan bagi masyarakat yang mudik, jadi tidak perlu repot bawa barang banyak, lewat kantor pos dijamin aman dan sampai sesuai tujuan,” jelasnya.
Hal senada dirasakan jasa pengiriman, Kepala Herona Expres, Sutejo, mengaku, jelang lebaran, jasa pengiriman dari Malang ke luar daerah menggunakan kereta api naik. Paling banyak justru saat ini kendaraan roda dua.
"Sudah ada peningkatan, biasanya H-10 peningkatannya dua kali lipat. Untuk biaya tidak ada kenaikan," ungkapnya.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
(RRN)