Suasana Gugatan Bupati Jombang Nyono Suharli di Pengadilan Negeri Jombang. (Metrotvnews.com/Nurul Hidayat)
Suasana Gugatan Bupati Jombang Nyono Suharli di Pengadilan Negeri Jombang. (Metrotvnews.com/Nurul Hidayat) (Nurul Hidayat)

Bupati dan Legislator Jombang Digugat Rp1 Triliun

pengadilan
Nurul Hidayat • 24 November 2015 19:42
medcom.id, Jombang: Ratusan perangkat desa yang diberhentikan oleh kepala desa menggugat Bupati Jombang Nyono Suharli Wihandoko. Bupati dituding melakukan pembiaran terhadap tindakan sepihak kepala desa. 
 
Sekitar 400 orang yang diwakili lima orang perangkat yang telah diberhentikan oleh kades, mengajukan gugatan ke Pengadilan Negeri Jombang, Jawa Timur. Kelima perwakilan itu adalah Sutrisno, Suwito, Bahtiar, Harapap, Supriyono, dan Kunadi.
 
“Gugatan ini karena ada pembiaran yang dilakukan bupati maupun DPRD atas pemberhentian sejumlah perangkat desa oleh kepala desa,” kata Achmad Drajat, kuasa hukum para perangkat desa, Selasa (24/11/2015).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Gugatan ini bermula dari pemecatan perangkat desa oleh beberapa kepala desa di Kabupaten Jombang. Ketika memberhentikan, para kepala desa menilai masa jabatan perangkatnya telah habis. Keputusan itu sesuai UU No 6/2014 tentang Desa. 
 
Namun, perangkat desa beranggapan, jabatan mereka baru akan habis pada saat memasuki usia 60 tahun. Hal itu sesuai dengan Perbup No 27 A tahun 2014 tentang Pedoman Seleksi Perangkat Desa, dan Perda No 6 tahun 2006 tentang Organisasi Pemerintahan Desa.
 
Dalam gugatan nomor 68/Pdt.G/2015/PN.JBG tertanggal 9 November 2015, para tergugat mengajukan tuntutan ganti rugi sebesar Rp1 triliun. Tuntutan itu degan rincian Rp500 miliar sebagai ganti rugi materiil dan Rp500 miliar untuk kerugian moral. Tidak hanya bupati, perangkat desa juga menggugat DPRD Jombang.
 

(SAN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif