Tiga mantan Ketua KPU Malang Raya bergabung dengan PDIP. (Foto: dokumentasi PDIP)
Tiga mantan Ketua KPU Malang Raya bergabung dengan PDIP. (Foto: dokumentasi PDIP) (Daviq Umar Al Faruq)

Tiga Mantan Ketua KPU Gabung PDIP

pdip pdi perjuangan
Daviq Umar Al Faruq • 09 Juli 2019 14:55
Malang: Tiga mantan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) di wilayah Malang Raya bergabung dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Ketiganya ialah Zainuddin (mantan Ketua KPU Kota Malang), Santoko (mantan Ketua KPU Kabupaten Malang) dan Syaifudin Zuhri (mantan Ketua KPU Kota Batu).
 
Zainuddin diplot menjadi Wakil Ketua Bapilu dan Komunikasi Politik DPC PDIP Kota Malang, Santoko menjadi Wakil Ketua Komunikasi Politik DPC PDIP Kabupaten Malang dan Zuhri menjabat Sekretaris DPC PDIP Kota Batu.
 
Ketua DPC PDIP Kota Malang, I Made Rian Diana menjelaskan restrukturisasi pengurusan DPC PDIP wilayah Malang Raya saat ini memang sengaja dipercepat dalam Konfercab Serentak pada Minggu 7 Juli 2019 lalu. Sebab, Kongres PDIP sendiri akan digelar di Bali pada 8-10 Agustus 2019 mendatang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Syaratnya kongres itu kan harus dipilih oleh pengurus DPC dan DPD yang baru. Makanya kita harus ada restrukturisasi kepengurusan dipercepat," katanya saat dihubungi, Selasa 9 Juli 2019.
 
Made, sapaan akrabnya, menambahkan Surat Keputusan (SK) kepengurusan DPC PDIP Malang Raya seharusnya berakhir pada Januari 2020 mendatang. Namun, restrukturisasi terpaksa dipercepat karena pada Januari 2020 mendatang sudah masuk ke dalam tahapan Pilkada Serentak.
 
"Jadi kita enggak mungkin lah ngurusi itu (restrukturisasi kepengurusan). Makanya dipercepat," imbuhnya.
 
Dalam restrukturisasi kepengurusan, DPC PDIP mendapatkan instruksi dari DPP PDIP untuk menggaet sosok-sosok profesional di wilayahnya masing-masing. Selain itu juga DPC juga diperintahkan untuk merekrut tokoh masyarakat, tokoh budaya dan tokoh agama.
 
"Dari intern kita (DPC PDIP Kota Malang, kita melihat sosok Pak Zainuddin itu. Lalu kita komunikasikan dan beliau tertarik untuk bergabung di PDIP. Ya gayung bersambut lah dan dia kita tawarin di Bapilu karena sesuai kompetensi beliau di penyelenggara pemilu, kayaknya pas kita taruh disana," jelasnya.
 
Di sisi lain, Made menjelaskan bahwa pengurus DPC PDIP Malang Raya memiliki persepsi yang sama dalam merekrut pengurus baru untuk partai. Yakni mengincar para penyelenggara Pemilu. Oleh karena itu, tiga orang mantan Ketua KPU direkrut.
 
"Karena penyelenggara itu sudah nggak awam lah dengan dunia politik. Ya kebetulan tiga-tiganya kok mau gitu. Paling nggak untuk bapilu nya. Malah yang di Kota Batu (Syaifudin Zuhri) kan langsung di posisi sekretaris. Karena beliau kan background nya GMNI. Pas jadinya, sudah nyambung dengan teman-teman," pungkasnya.
 
Sebagai informasi, DPD PDIP Jawa Timur menggelar konferensi cabang (konfercab) serentak di tiga zonasi sekaligus, yakni di Surabaya, Madiun dan Malang. Konfercab sendiri digelar pada Minggu 7 Juli 2019 dan diikuti oleh 38 kabupaten/kota.
 
Dalam konfercab serentak itu dibacakan keputusan DPP PDIP tentang nama-nama Ketua, Sekretaris, dan Bendahara (KSB) DPC PDIP seluruh kabupaten/kota di Jawa Timur. Selain itu, juga menyusun kepengurusan baru melengkapi KSB tersebut.
 
Disisi lain, konfercab serentak ini merupakan tahapan sebelum menuju Kongres PDIP yang akan digelar di Bali pada 8-10 Agustus mendatang. Salah satu agenda dalam kongres yakni memilih ketua umum partai.
 

(ALB)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif