Ilustrasi - Medcom.id.
Ilustrasi - Medcom.id. (Faishol Taselan)

Pacitan Tetapkan KLB Hepatitis A

hepatitis a
Faishol Taselan • 27 Juni 2019 16:01
Pacitan: Pemerintah Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, menetapkan Kejadian Luar Biasa (KLB) penyakit hepatitis A di Pacitan. Penetapan KLB dikeluarkan setelah Dinas Kesehatan Pacitan mencatat, ada 702 pasien hepatitis A yang dirawat di sejumlah rumah sakit di Pacitan.
 
"Temuan jumlah yang melonjak sangat tinggi, dua bulan terakhir ini, ya, baru pertama ditemukan di Pacitan," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur Kohar Hari Santoso di Surabaya, Kamis, 27 Juni 2019.
 
Jumlah penderita Hepatitis A di Kabupaten Pacitan hingga Rabu, 26 Juni 2019, sudah lebih dari 700 pasien. Penetapan KLB Hepatitis A di Pacitan ini adalah pertama kalinya terjadi di Jawa Timur.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jumlah penderita Hepatitis A yang melonjak tinggi dalam waktu dua bulan di Pacitan ini menjadi temuan pertama di Jawa Timur," jelasnya.
 
Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Pacitan hingga Rabu kemarin, jumlah penderita Hepatitis A sudah mencapai 701 pasien. Padahal, per Selasa, 25 Juni,  jumlahnya baru 577 pasien.
 
Bupati Pacitan telah menetapkan KLB untuk Hepatitis A. Kohar mengatakan, tiga langkah telah diambil Pemkab Pacitan yaitu tata laksana kasus yang lebih intensif, pengawasan (surveillance) lebih akurat, dan pengendalian faktor risiko.
 
Dinkes Jatim telah mengirimkan bantuan berupa obat-obatan dan tim surveillance ke kabupaten yang berada di ujung paling barat Jatim itu.
 
"Seperti kaporit, lyzol dan obat-obatan lainnya. Kami juga mengirim tim pemantauan dan balai besar teknik kesehatan lingkungan ke lapangan," ujarnya.
 

(LDS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif