Jutaan umat Islam melaksanakan tawaf di Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi, Rabu, 15 Agustus 2018/Metro TV/Subhan Ali.
Jutaan umat Islam melaksanakan tawaf di Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi, Rabu, 15 Agustus 2018/Metro TV/Subhan Ali. (Mustholih)

Jemaah Haji Diminta Waspada Ebola

Haji 2019
Mustholih • 08 Juli 2019 11:26
Semarang: Jemaah haji asal Jawa Tengah diminta mewaspadai penyakit ebola hingga infeksi saluran pernapasan akut saat menjalankan Ibadah Haji. Mereka diimbau segera melapor ke petugas medis begitu mengalami gangguan kesehatan.
 
"Jemaah wajib pakai alat pelindung diri. Begitu turun dari pesawat, masker tetap dipakai dan tetap harus minum lebih dari dua liter per hari. Jika ada gangguan kesehatan, segera melapor ke petugas medis," kata Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah, Sri Puryono di Semarang, Jawa Tengah, Senin, 8 Juli 2019.
 
Puryono menjelaskan di Makkah penyakit yang harus betul-betul diwaspadai antara lain, ebola, campak, rubella, dan ISPA. Selain itu, jemaah juga harus mengantisipasi udara terik karena suhu cuaca mencapai 28 hingga 49 derajat celcius.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Segera lapor ke petugas kesehatan agar segera diberikan perawatan yang baik.setiap keluar atau pergi, harus sepengetahuan jamaah lain atau ketua regu," jelas Puryono.
 
Puryono kembali mengatakan tahun ini jemaah haji yang berangkat dari Embarkasi Solo dibagi menjadi 97 kelompok terbang (kloter). Masing-masing kloter terdiri 355 calon haji dan lima petugas kloter. "Jemaah berangkat ke tanah suci dalam dua gelombang. Gelombang pertama Kloter 1 hingga 41 dan gelombang kedua dari kloter 42 hingga 97," ungkap Puryono.
 
Menurut Puryono seluruh calon haji yang berangkat dari embarkasi Solo berjumlah 34.940 orang. Mereka terdiri 34,177 calon haji, 485 orang petugas pusat dan daerah, serta 728 orang TPHD. "Dari Jateng, 30.610 orang dan dari Yogyakarta 3.567 orang," pungkas Puryono.
 

(DEN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif