ilustrasi jajanan pasar. (ANT/Zabur Karuru)
ilustrasi jajanan pasar. (ANT/Zabur Karuru) (Syaikhul Hadi)

Dinkes Sidoarjo: Selektif Memilih Makanan Mencegah Hepatitis A

hepatitis a
Syaikhul Hadi • 04 Juli 2019 13:50
Sidoarjo: Kepala Dinas Kesehatan Sidoarjo, Syaf Satriyawarman, menyebut cara efektif mencegah penularan Hepatitis A dimulai dari diri sendiri. Salah satunya, selektif memilih makanan dan mencuci tangan sebelum makan. 
 
Syaf menerangkan selektif memilih makanan sangat penting lantaran penularan Hepatitis bisa melalui makanan. Mencuci tangan juga menjadi yang terpenting mengingat penularan bisa terjadi akibat bersentuhan langsung dengan penderita Hepatitis A. 
 
"Jadi, masyarakat terutama yang ada di luaran sana (tempat umum) harus selektif terhadap apa yang dimakan. Begitu pun juga tempat yang terjamin kebersihannya," ujar Syaf, Kamis, 4 Juli 2019. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Syaf meminta masyarakat menjaga kestabilan tubuh. Hepatitis A bisa menyerang siapa saja yang mengalami kelelahan. 
 
"Fisik harus sehat, dan dalam kondisi yang sehat. Karena jika lemah maka akan mudah terkena hepar. Penyakit hepar lebih banyak penularannya. Jadi masyarakat harus berhati-hati dalam mencegah penularan hepar," terangnya. 
 
Dinas kesehatan Sidoarjo meminta Pemerintah Provinsi Jawa Timur mendeteksi dini di tempat-tempat pertemuan orang. Tempat bertemunya banyak orang menjadi kawasan rawan penularan penyakit. Cara itu bisa mengantisipasi penularan Hepatitis A.
 
Baca: Penderita Hepatitis A di Pacitan Diklaim Menurun
 

(LDS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif