Ilustrasi/Medcom.id.
Ilustrasi/Medcom.id. ()

KPK Periksa Kekayaan 37 Kepala Daerah di Jatim

kpk pemerintah daerah
09 Juli 2019 11:48
Surabaya: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengecek seluruh kekayaan milik 37 kepala daerah di Jawa Timur (Jatim). Pengecekan dilakukan di Kantor Gubernur Jatim.
 
Kepala Biro Humas dan Protokoler Sekretariat Daerah Provinsi Jatim, Aries Agung Paewai, membenarkan kedatangan KPK ke Kantor Gubernur Jatim. Namun, lanjutnya, KPK hanya meminjam tempat untuk memeriksa atas harta milik kepala daerah di wilayah Jatim.
 
"Ya, betul. KPK hanya pinjam tempat untuk memudahkan proses pemeriksaan. Kami siapkan satu ruangan di pemprov," kata Aries, Senin, 8 Juli 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam pemeriksaan itu, sejumlah kepala daerah dan pejabat daerah dipanggil untuk bertatap muka dengan petugas KPK di Ruang Brawijaya, Kantor Gubernur Jatim. Salah satu kepala daerah yang hadir ialah Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni.
 
Selain Ipong, pejabat lainnya yang dipanggil KPK ialah Bupati Lumajang Thoriqul Haq , Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Ponorogo Agus Pramono, Sekda Kabupaten Sumenep Edy Rasiyadi, Kepala Dinas (Kadis) PU SDA Kabupaten Sumenep Eri Susanto, Kadis Pendidikan Kabupaten Sumenep A Shadik, dan Kadis Pendidikan Kabupaten Ponorogo Tutut Erliena.
 
Pemeriksaan berlangsung sejak pukul 08.00 WIB. Satu per satu pejabat tersebut memasuki ruangan untuk diperiksa. "Pemprov tidak ikut campur dan sepenuhnya kewenangan KPK," katanya.
 
Menurut rencana, proses pemeriksaan akan berlangsung selama lima hari ke depan. KPK akan membagi pemanggilan terhadap sejumlah pejabat. Kemarin, tujuh pejabat yang dipanggil. Hari ini, sembilan orang lainnya dipanggil.
 

(ALB)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif