Warga memanfaatkan pelayanan KB di Aceh, Ant - Irwansyah Putra
Warga memanfaatkan pelayanan KB di Aceh, Ant - Irwansyah Putra (Amaluddin)

Keluarga Berencana Menyejahterakan Rakyat

keluarga berencana
Amaluddin • 21 April 2016 17:44
medcom.id, Surabaya: Banyak cara untuk menyejahterakan masyarakat. Salah satunya dengan pencanangan Kampung Keluarga Berencana (Kampung KB).
 
Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Surya Chandra Surapaty, mengatakan Kampung KB merupakan perwujudan Nawa Cita ketiga, yaitu membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa. 
 
"Kampung KB diharapkan menjadi miniatur pelaksanaan program keluarga berencana dan pembangunan keluarga yang memang diutamakan bagi daerah miskin, padat penduduk, wilayah pesisir, terpencil dan perbatasan dengan akses pelayanan kesehatan yang minim," kata Chandra, saat meresmikan Kampung KB di Desa Leprak, Kecamatan Klabang, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Kamis (21/4/2016).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Chandra pun mengajak seluruh lapisan masyarakat bersama-sama bekerja untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan di Kampung KB yang berkualitas dan utuh melalui sinergi antarsektor, baik di tingkat pusat maupun daerah. 
 
"Dengan sinergitas mulai dari bawah hingga pusat, Kampung KB dapat mewujudkan kesejahteraan masyarakat, khususnya rakyat kurang mampu," kata Chandra.
 
Kampung KB berupaya memberdayakan dan memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk memperoleh pelayanan total program KB dengan menggabungkan program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga dengan pembangunan sektor terkait seperti pendidikan, kesehatan, ekonomi, budaya dan sektor lainnya dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas.
 
Di Jawa Timur, jumlah peserta KB tercatatat sebanyak 7,8 juta dengan peserta aktif sebanyak 5,9 juta jiwa. BKKBN mendorong agar jumlah kepesertaan KB di usia produktif 19-40 tahun meningkat sehingga keluarga ideal bisa terjaga.

 

(MEL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif