Wakil Gubernur Jawa Timur Gus Ipul saat menyaksikan gerhana matahari. (Metrotvnews.com/Amaluddin)
Wakil Gubernur Jawa Timur Gus Ipul saat menyaksikan gerhana matahari. (Metrotvnews.com/Amaluddin) (Amaluddin)

Empat Pelajaran Gerhana Versi Gus Ipul

gerhana matahari total
Amaluddin • 09 Maret 2016 17:20
medcom.id, Surabaya: Beberapa tokoh mencoba mencari makna dari Gerhana Matahari. Termasuk Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf alias Gus Ipul.
 
Ia mengatakan empat pelajaran yang bisa diambil masyarakat. Empat hal tersebut disampaikan Gus Ipul saat menyaksikan fenomena alam bersama ribuan warga Surabaya dan sekitarnya di Masjid Al Akbar Surabaya, Rabu 9 Maret 2016.
 
"Pertama, ini adalah untuk memperkuat iman. Gerhana Matahari ini adalah salah satu tanda-tanda kebesaran Allah dan itu juga dikutip berulang-ulang di dalam Al-Qur'an," kata Gus Ipul.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kedua, untuk memperkokoh rasa persaudaraan. Gerhana Matahari, menurut dia, semua orang khususnya warga Surabaya dan sekitarnya bisa bersilahturahmi. "Mereka pada kumpul melihat fenomena alam dan sekaligus rekreasi," katanya. 
 
Ketiga, lanjut dia, adalah salah satu kesempatan bagi para ilmuwan untuk mengembangkan berbagai hal yang berkaitan dengan kehidupan. "Mudah-mudahan kejadian ini membuat ilmu dan teknologi kita bisa lebih maju dan sekaligus menjadikan kita ini bangsa yang cinta ilmu dan juga bisa menggunakan teknologi sebagaimana orang beriman," tuturnya.
 
Keempat, menurut Gus Ipul, pelajaran berkaitan dengan pendidikan. Para pelajar yang ada di daerah Jatim banyak yang memberikan penjelasan kepada anak-anak kita tentang Gerhana Matahari.
 
GMT kali ini, kata Gus Ipul, jelas berbeda dengan gerhana tahun 1983. Waktu itu orang takut ke luar rumah. Tapi sekarang karena ada pendidikan dan informasi orang bisa menikmati ini apa adanya.
 
"Ini adalah satu pendidikan. Mudah-mudahan adik-adik kita makin bisa memahami dan mengerti fenomena alam ini yang pada akhirnya mencintai Allah-nya, mencintai Tuhannya," pungkas Gus Ipul.
 

(SAN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif