Ani Khasanah saat berdiskusi dengan dokter di RSUD dr Soetomo, Surabaya, Jawa Timur (Foto: Metro TV/Catur Irawan)
Ani Khasanah saat berdiskusi dengan dokter di RSUD dr Soetomo, Surabaya, Jawa Timur (Foto: Metro TV/Catur Irawan) (Catur Irawan)

Remaja Berkelamin Ganda Pilih Jadi Laki-laki

kelainan genetik
Catur Irawan • 20 April 2016 12:55
medcom.id, Surabaya: Remaja 16 tahun dari Tulungagung, Jawa Timur, ini memiliki kelamin ganda. Meski terlahir sebagai perempuan, Ani Khasanah memilih untuk dioperasi di Rumah Sakit Umum Daerah dr Soetomo, Surabaya, sebagai laki-laki.
 
"Ingin dioperasi sebagai laki-laki," kata Ani Khasanah saat ditemui wartawan di RSUD dr Soetomo, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (20/4/2016)
 
Ani dirawat di ruang rawat inap RSUD dr Soetomo setelah lima bulan menjalani rawat jalan. Ani didampingi ibu kandung dan kerabatnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tim dokter kelamin ganda RSUD dr Soetomo Johan Renaldo mengatakan, Ani mengalami hypospadia atau kelainan kongengital pada alat kelamin sejak lahir. Tim dokter akan melakukan operasi alat kelamin sesuai dari hasil kromosom dan genetika.  
 
"Kami ambil tindakan sesuai dengan kemauan pasien. (Keputusan) nanti akan kami lihat saat diskusi. Kami dengan tim besar baru akan melakukan tindakan sesuai dengan hasil kesepakatan pasien dan dari dokternya," kata Johan Renaldo.
 
"Hasil analisa sementara pasien cenderung laki-laki," kata dia.
 
Ani Khasanah merupakan anak pasangan Setu dan Titik. Ani lahir di Desa Selopanggung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, sebagai perempuan. Namun seiring pertumbuhannya, keluarga curiga dengan sikap dan tingkah lakunya yang seperti laki-laki. Setelah diperiksa di rumah sakit, dokter menyatakan Ani mengalami hypospadia.
 

(TTD)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif