Kampung KB. Foto: Antara/Feny Selly
Kampung KB. Foto: Antara/Feny Selly (Amaluddin)

Kampung KB Ke-25 Akan Berdiri di Bondowoso

keluarga berencana
Amaluddin • 20 April 2016 21:37
medcom.id, Surabaya: Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Surya Chandra Surapaty, akan meresmikan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, sebagai Kampung Keluarga Berencana (KB), Kamis besok 21 April. Dengan begitu, Kabupaten Bondowoso menjadi Kampung KB yang ke-25 dari 38 kabupaten/kota di Jatim.
 
"Besok memang kami akan meresmikan Kabupaten Bondowoso sebagai Kampung KB," kata Chandra, kepada Metrotvnews.com, di Surabaya, Rabu (20/4/2016).
 
Dia menjelaskan program Kampung KB mulai dilaksanakan di seluruh Indonesia secara serentak pada 2016. Program ini tak lain merupakan revitalisasi program KB yang lebih diarahkan untuk mendukung implementasi Nawacita terutama pada cita ketiga, yaitu membangun Indonesia dari pinggiran.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tujuan Kampung KB itu, kata dia, untuk menyosialisasikan pemahaman dan kesadaran masyarakat akan pentingnya KB. Sebab, menurutnya, ketidakpahaman masyarakat terhadap KB masih tinggi. "Maka itu kami (BKKBN, red) terus gencar melakukan program ini," jelasnya.
 
Untuk di Jatim, jumlah peserta KB tercatat sebanyak 7,8 juta dengan peserta aktif sebanyak 5,9 juta jiwa. BKKBN mendorong agar jumlah kepesertaan KB di usia produktif 19-40 tahun meningkat sehingga keluarga ideal bisa terjaga.
 
Selain Bondowoso, BKKBN juga telah meluncurkan program Kampung KB di beberapa daerah di Jatim. Di antaranya Surabaya, Sidoarjo, Bojonegoro, Gresik, Malang, Tulungagung, Madiun, Jember, Mojokerto, dan Banyuwangi. Ke depan, sebanyak 38 Kabupaten/Kota di Jatim akan memiliki Kampung KB.
 

(UWA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif