Sidak Bupati Jombang di Kantor Dinas kKependudukan dan Catatan Sipil Jombang. (Foto: MTVN/ Nurul)
Sidak Bupati Jombang di Kantor Dinas kKependudukan dan Catatan Sipil Jombang. (Foto: MTVN/ Nurul) (Nurul Hidayat)

Nyono Suharli Sidak Pelayanan Disdukcapil Jombang

pelayanan kependudukan
Nurul Hidayat • 03 Juni 2016 11:25
medcom.id, Jombang: Bupati Jombang Nyono Suharli Wihandoko melakukan inspeksi mendadak ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Jombang. Hal ini dikarenakan banyaknya keluhan dari warga terkait pelayanan di dinas tersebut.
 
Pantauan di lokasi, usai bersepeda Bupati Jombang Nyono Suharli kemudian mendatangi dan menemui warga yang tengah antri mengurus administrasi kependudukan di kantor Disdukcapil Jombang.
 
"Sejauh ini laporan yang saya terima adalah kurangnya alat perekaman. Kita akan komunikasikan dengan Kementerian Dalam Negeri, karena saat ini Dispendukcapil berada di bawah Kemendagri langsung," ujarnya, Jumat (3/6/2016).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Nyono menyarankan agar pelayanan administrasi kependudukan dijadwalkan untuk menghindari antreaan. Seperti pengurusan administrasi Kartu Tanda Penduduk (KTP) pada Senin dan Selasa, pengurusan akta lahir pada Rabu dan Kamis, dan Jumat untuk pelayanan umum.
 
Sementara itu, untuk perekaman data KTP elektronik, Nyono mengatakan sudah ada pengoptimalan di tiga koordinator kecamatan, yakni di Kecamatan Ngoro, Kecamatan Ploso, dan Kecamatan Mojoagung.
 
"Sehingga kepada warga yang mengurus KTP dapat menuju tempat tersebut," pungkasnya.
 
Sebelumnya, Pelayanan Administrasi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Jombang dikeluhkan oleh warga, lantaran guna mengurus Kartu Keluarga (KK) memerlukan waktu hingga dua bulan.
 
Belum lagi, calo pengurusan administrasi banyak berkeliaran. Selain itu antrean warga yang mengurus administrasi kependudukan juga mengular hingga puluhan meter setiap harinya.
 

(MEL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif