Pengurusan administrasi kependudukan di Kantor Dispendukcapil Kabupaten Jombang, Jawa Timur -- MTVN/Nurul Hidayat
Pengurusan administrasi kependudukan di Kantor Dispendukcapil Kabupaten Jombang, Jawa Timur -- MTVN/Nurul Hidayat (Nurul Hidayat)

Dispendukcapil Jombang Terapkan Sistem Pembagian Hari

pelayanan kependudukan
Nurul Hidayat • 23 Mei 2017 17:04
medcom.id, Jombang: Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil menerapkan sistem pembagian hari untuk pengurusan administrasi kependudukan bagi 21 kecamatan di Jombang, Jawa Timur. Hal ini guna mengantisipasi membludaknya warga yang hendak mengurus administrasi kependudukan.
 
"Hari Kamis dan Jumat, jadwalnya warga di kawedanan Jombang yang meliputi Kecamatan Jombang, Gudo, Perak, Bandar Kedungmulyo, Diwek, Tembelang, dan Kecamatan Megaluh," kata Kepala Dispendukcapil Kabupaten Jombang Ahmad Sjarifudin, Selasa 23 Mei 2017.
 
Lelaki yang akrab disapa Bobi ini menambahkan, pembagian pengurusan administrasi kependudukan sudah disosilalisakikan kepada masing-masing camat. Informasi tersebut diharapkan diteruskan kepada kepala desa, sehingga dapat diterima masyarakat dengan baik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pengumunan tersebut juga sudah kita tempel di masing-masing kecamatan di Kabupaten Jombang. Masyarakat tidak perlu khawatir, semua akan dilayani dengan baik," imbuhnya.
 
Bobi juga berpesan, kepada masyarakat yang hendak mengurus KTP elektronik agar membawa persyaratan yang dibutuhkan. Sehingga, tidak bolak-balik ke Dispenduk Capil.
 
"Bagi yang sudah memiliki surat keterangan, hendaknya dibawa. Bukan fotocopy-an. Tidak boleh diwakilkan, karena akan diaktivasi langsung oleh yang bersangkutan," jelasnya.
 
Bagi warga yang tidak memiliki surat keterangan, hendaknya membawa fotocopy Kartu Keluarga, mengisi formulir F1.21 dari desa, dan membawa KTP lama. Jika hilang, hendaknya membawa surat keterangan dari Kepolisian.
 
Saat ini, ada 21 kecamatan di Kabupaten Jombang yang terbagi dalam empat kawedanan. Kawedanan Mojoagung terdiri dari Kecamatan Mojoagung, Peterongan, Sumobito, Kesamben, dan Kecamatan Jogoroto. Admintrasi kependudukan kawedanan ini dijadwalkan setiap Senin.
 
Kawedanan Ploso yang meliputi Kecamatan Ploso, Plandaan, Kabuh, Kudu, dan Kecamatan Ngusikan dilayani pada Selasa. Sedangkan, Rabu khusus bagi warga Kawedanan Ngoro yang meliputi Kecamatan Ngoro, Mojowarno, Bareng, dan Kecamatan Wonosalam.
 

(NIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif