Aktivitas angkutan peti kemas di Pelabuhan Batuampar Batam. Medcom.id/Anwar Sadat Guna
Aktivitas angkutan peti kemas di Pelabuhan Batuampar Batam. Medcom.id/Anwar Sadat Guna (Anwar Sadat Guna)

Investasi 525 Proyek Baru di Batam Bernilai Rp860,48 Triliun

investasi
Anwar Sadat Guna • 06 Februari 2019 20:21
Batam: Realisasi investasi Penanaman Modal Asing (PMA) di Pulau Batam meningkat signifikan. Hal itu ditandai masuknya 40 investor asing baru yang bergerak di berbagai sektor industri dengan realisasi investasi mencapai USD272,87 juta (Rp3,8 triliun).
 
Direktur Lalu Lintas Barang Badan Pengusahaan (BP) Batam Tri Novianto Putra mengatakan, 40 PMA tersebut merupakan investor yang dihitung sampai dengan semester I/2018. "Minat atau rencana investor yang masuk ke Batam yakni 120 PMA dengan nilai investasi mencapai USD 391,85 juta (Rp5,4 triliun)," ujar Tri, Rabu, 6 Januari 2019.   
 
Investasi melalui perizinan Online Single Submission (OSS) yang sudah terealisasi mencapai 525 proyek dengan nilai Rp860,48 triliun. Perizinan investasi ke sistem OSS tersebut sudah terintegrasi dari daerah ke pusat Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dan Kementerian Perekonomian.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kementerian Koordinator Perekonomian berupaya mengharmonisasi perizinan investasi di PTSP BP Batam dan Pemko Batam. Pelayanan perizinan di dua lembaga ini diharmonisasikan dalam sistem OSS yang pelaksanaannya dikawal oleh Satuan Tugas (Satgas) dan Tim Kemenko Perekonomian.
 
Kepala BP Batam Edy Putra Irawady mengatakan, harmonisasi pelayanan perizinan ini bertujuan untuk mempermudah dan memberi kenyamanan ke investor. Semua permasalahan yang muncul berkaitan dengan perizinan investasi bisa diselesaikan di Klinik Berusaha yang terdapat di Mal Pelayanan Publik (MPP) Batam.  
 
"Terdapat 62 perizinan di BP Batam dan 155 perizinan usaha yang menjadi kewenangan Pemko Batam dengan dibantu Tim Kemenko Perekonomian untuk melakukan harmonisasi perizinan dengan sistem OSS," ujar Edy.
 

(SUR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif