Rapat koordinasi Satgas Pangan Provinsi Kepri di Rupatama Polda Kepri, Selasa, 11 Desember 2018. Medcom.id/Anwar Sadat Guna
Rapat koordinasi Satgas Pangan Provinsi Kepri di Rupatama Polda Kepri, Selasa, 11 Desember 2018. Medcom.id/Anwar Sadat Guna (Anwar Sadat Guna)

Satgas Pangan Kepri Awasi Sindikat Penimbun Sembako

pangan
Anwar Sadat Guna • 11 Desember 2018 19:27
Batam: Tim Satuan Tugas (Satgas) Pangan Provinsi Kepri akan mengecek dan memantau secara berkala pasokan dan harga sembako menjelang Natal 2018 dan Tahun Baru 2019. Satgas akan menindak tegas oknum yang terlibat dalam sindikat penimbun sembako di Kepulauan Riau.  
 
"Ada beberapa poin yang dihasilkan dalam rapat koordinasi ini, di antaranya, Tim Satgas Pangan akan intens berkoordinasi untuk terus memantau ketersediaan bahan pangan dan stabilitas harga pangan di Kepri," ungkap Dirreskrimsus Polda Kepri AKBP Rustam Mansur di sela Rapat Koordinasi Satgas Pangan Provinsi Kepri, di Rupatama Polda Kepri, Selasa, 11 Desember 2018.  
 
Koordinasi tersebut akan dilakukan dengan instansi terkait, seperti Disperindag Provinsi Kepri, Bulog Divre Riau-Kepri, BPOM Kepri, Bea dan Cukai, TNI, Dishub, dan Kantor Karantina.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Rustam menambahkan, rapat koordinasi Satgas Pangan Kepri juga memutuskan, bahwa Satgas Pangan Kepri akan melakukan operasi pasar bila terjadi lonjakan harga dan kelangkaan dengan melibatkan stakeholders terkait.
 
"Satgas Pangan juga menghimbau kepada distributor agar tidak menimbun barang kebutuhan pokok dan sekiranya dapat menambah pasokan untuk menghindari terjadinya kelangkaan dan pendistribusian bahan pokok," ungkapnya.
 
Satgas Pangan, sambung Rustam, juga akan melakukan pengecekan secara berkala ketersediaan pangan bersama dengan instansi terkait. "Tim Satgas Pangan akan menindak tegas pada distributor dan oknum yang terlibat dalam sindikat monopoli sembako," ujarnya.
 
Hasil rapat koordinasi lainnya bahwa, persediaan bahan pokok menjelang Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 masih mencukupi. "Khusus di wilayah Kabupaten Natuna, Lingga, dan Anambas, harga bahan pokok dan pangan di atas harga pasar dipengaruhi oleh letak geografis dan transportasi pengiriman," ujarnya.
 
Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol S Erlangga menambahkan, rapat koordinasi ini dihadiri oleh Dirreskrimsus Polda Kepri, Kepala Disperindag Provinsi Kepri, Kepala Bea dan Cukai Batam, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Kesehatan Hewan Provinsi Kepri, Kepala BPOM Kepri, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Prov Kepri, dan Kepala Bulog Divre Prov. Kepri.
 
Hadir juga Kepala Badan Karantina dan Pertanian Kota Batam, Kepala Komisi Pengawas Persaingan Usaha Perwakilan daerah Batam, Kepala Disperindag Kabupaten/Kota Se-Kepri, Kepala Bulog Sub – Divre Kabupaten/Kota, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Kesehatan Hewan kabupaten/Kota, Badan Pengusaha Batam, dan Asosiasi Pengusaha serta Pelaku Usaha.
 
"Rapat Koordinasi Satgas Pangan Prov. Kepri ini bertujuan untuk menjaga ketersediaan dan antisipasi kenaikan harga bahan pangan pokok menjelang Natal dan tahun baru 2019 di wilayah Kepri," ujarnya.
 

 
 

(SUR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif