Karya kreatif miniatur hewan dengan bahan dasar jerami dari UMKM asal kenagarian Lintau, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Foto: Medcom.id/Alex Rajes
Karya kreatif miniatur hewan dengan bahan dasar jerami dari UMKM asal kenagarian Lintau, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Foto: Medcom.id/Alex Rajes (Alex Rajes)

Makerfest, Bentuk Pengusaha Kecil Jadi Brand Mancanegara

industri kreatif umkm
Alex Rajes • 21 April 2018 18:17
Padang: Makerfest menggiring pengusaha mikro dan kecil (UMK) untuk mengembangkan usaha hingga level Internasional. Panggung offline dan online dibuat untuk mencari, mengedukasi, dan menginspirasi pengembangan UMK.
 
Makerfest merupakan gerakan Independen untuk membangun pebisnis dan kreator muda di seluruh pelosok Indonesia. Gerakan ini mengkolaborasikan Tokopedia, JNE dan pemerintah.
 
Gerakan ini juga didukung Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Kementrian Perindustrian, Kementrian Perdagangan, Kementrian Komunikasi dan Informatika.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


PR Committe Makerfest Siti Fauziah menyatakan Makerfest terlahir bedasarkan tinggi kreator lokal di Indonesia yang memiliki produk bagus, namun hanya mentok di level UMKM.
 
"Tak sedikit ditemukan produk UMK yang berpotensi bagus, namun hanya bisa memasarkan produknya di lingkup kecil," jelas Siti pada Medcom.id di Padang, Sabtu, 21 April 2018.
 
Jika UMK diletakkan pada ekosistem yang tepat, kreator lokal dapat berkembang dari usaha kecil menjadi industri, hingga manjadi brand masa depan Indonesia yang mendunia.
 
"Makerfest salah satu bentuk wadah yang tepat untuk mengembangkan usaha kecil menjadi brand kebanggan Indonesia di masa depan," tegas Siti.
 
 
 

(SUR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif