KRI Teuku Umar Tangkap Kapal Bemuatan 194 Ton Rotan
Ilustrasi KM Anugerah Maranatha bermuatan kayu balok jenis campuran ditahan di dermaga Mapolair Polda Kepri, Jumat (17/10). ANTARA FOTO/Joko Sulistyo.
Batam: KRI Teuku Umar menangkap Kapal Layar Motor (KLM) Berdikari 9 saat menyelundupkan rotan ke Malaysia. Kapal itu membawa 184 ton rotan yang dibawa dari Surabaya, Jawa Timur (Jatim).

Panglima Komando Armada I (Pangkoarmada I), Laksamana Muda (Laksda) Yudo Margono mengatakan, kapal layar motor tersebut ditangkap dalam operasi Benteng Sagara 2018, di bawah kendali Operasi Gugus Keamanan Laut (Guskamla) Armada I. 

"Kapal tersebut ditangkap di perairan Natuna, Sabtu, sekitar pukul 11.30 WIB. Dalam izin kapal tertera bahwa kapal akan berlayar dari Surabaya menuju Natuna, namun sesampainya di Natuna kapal tersebut justru berlayar menuju Malaysia," kata Laksda Yudo Margono, Minggu, 28 Oktober 2018.


Yudo mengatakan, saat diperiksa kapal tersebut bermuatan 194 ton rotan. Muatan akan dibawa menuju Malaysia. "Bukan kali ini saja KLM Berdirikari 9 menyelundupkan rotan ke Malaysia, tetapi sudah beberapa kali," jelas Yudo.

Pangkoarmada I mengatakan, kapal tersebut saat ini dalam pengawalan menuju dermaga Lanal Ranai, Natuna, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Pemeriksaan akan dilakukan oleh Lanal Ranai.

"Tetapi karena kita tak memiliki kewenangan untuk melakukan penyelidikan kasus penyelundupan, maka akan kami serahkan ke penyidik yang berwenang. Dalam hal ini Bea Cukai atau ke kepolisian," ungkap Yudo.

Untuk mencegah aksi serupa kembali terjadi, Yudo menambahkan, pihaknya akan berkoordinasi dengan jajaran TNI AL untuk melakukan patroli rutin di sekitar perairan Jawa, khususnya surabaya dan Natuna. 

"Karena biasanya, modus kejahatan ini adalah rotan-rotan diangkut mengunakan kontainer dari Kalimantan menuju Surabaya. Dari Surabaya, rotan diangkut menggunakan kapal untuk diselundupkan ke Malaysia," tegas Yudo.



(DEN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id