NEWSTICKER
Massa mengejar iring-iringan mobil Anggota DPRD Batam saat berusaha keluar dari Bandara Hang Nadim Batam, Minggu, 29 Juli 2018 sekitar pukul 00.30 WIB. Medcom.id/ Anwar Sadat Guna
Massa mengejar iring-iringan mobil Anggota DPRD Batam saat berusaha keluar dari Bandara Hang Nadim Batam, Minggu, 29 Juli 2018 sekitar pukul 00.30 WIB. Medcom.id/ Anwar Sadat Guna (Anwar Sadat Guna)

Massa di Bandara Lempari Mobil Anggota DPRD Batam

demo buruh unjuk rasa
Anwar Sadat Guna • 29 Juli 2018 03:16
Batam: Keributan terjadi di Bandara Hang Nadim Batam, Minggu, 29 Juli 2018 sekitar pukul 00.30 WIB. Ratusan massa yang bertahan di bandara melempari mobil Toyota Fortuner yang keluar meninggalkan bandara. 
 
Massa mengejar dan melempari iring-iringan mobil tersebut karena menduga Neno Warisman berada di dalam mobil tersebut. 
 
Pantauan Medcom.id massa yang tadinya berkumpul di depan terminal kedatangan langsung berhamburan mengejar iring-iringan mobil yang keluar dari bandara. "Kejar, kejar mobil tersebut," teriak seorang pendemo. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mobil Toyota Fortuner bersama dua mobil di belakangnya langsung melaju kencang. Meski sempat menghindari pendemo namun badan mobil terkena lemparan batu dari arah massa. "Bukk..," bunyi suara badan mobil saat terkena batu. 
 
Ketiga mobil berhasil meninggalkan kawasan bandara. Satu di antara iring-iringan mobil yang terkena lemparan batu yakni mobil anggota DPRD Batam Nyanyang Haris P. Tidak puas dengan kejadian itu massa kembali ke terminal kedatangan bandara dan berupaya menerobos masuk ke dalam. 
 
"Kami ingin masuk memastikan apakah Neno masih di dalam atau sudah keluar," ujar seorang pendemo.
 
Dengan sigap ratusan polisi langsung menghalau massa. Aksi saling dorong sempat terjadi. Kapolres Barelang Kombes Pol Hengki berusaha menenangkan massa. Dia juga meminta aparatnya menahan diri. 
 
Tampak di kerumunan massa Ketua DPRD Batam Nuryanto. Dia berusaha menenangkan massa. Proses negoisasi pun dilakukan. Perwakilan massa dan kepolisian menyepakati beberapa keputusan. Satu di antaranya, aksi #2019GantiPresiden yang akan dilakukan esok batal digelar. 
 
"Proses negoisasi sudah dilakukan. Rencana kegiatan #2019GantiPresiden batal dilakukan. Ini untuk menjaga situasi Batam tetap aman dan kondusif," ungkap Kapolresta Barelang Kombes Pol Hengki. 
 
Dia meminta semua pihak agar menahan diri. Tidak melakukan hal-hal yang dapat mengganggu keamanan di Batam. "Kami tegaskan lagi bahwa kegiatan besok batal digelar," ujarnya. Hal itu langsung disambut antusias pendemo. 
 
Ketua DPRD Batam Nuryanto mengajak seluruh warga Batam menjaga Batam tetap aman dan kondusif. Adapun kegiatan yang terkait dengan kepentingan politik, seharusnya dilakukan pada waktunya saat pemilu nanti. 
 
"Ada waktunya, dan kegiatan seperti itu sudah diatur. Ada penyelenggaranya (KPU), ada pengawasnya (Bawaslu), sehingga kegiatan yang dilakukan besok kami menilainya bermuatan politik," ujar Nuryanto.
 
Pihaknya mengimbau massa yang berunjuk rasa di bandara agar membubarkan diri dengan baik. Keputusan sudah ditandatangani bersama bahwa kegiatan #2019GantiPresiden ditiadakan. 
 
"Kami ingin Batam kondusif. Jangan ada pihak yang mencoba ingin memecah belah warga Batam. Kami berharap kepolisian dapat bertindak tegas," ujar dia. 
 
Setelah menyampaikan sambutannya, massa pengunjuk rasa mulai membubarkan diri. Meski demikian, ratusan polisi dibantu TNI tetap siaga. Puluhan kendaraan pengendali massa (Dalmas) dan Baracuda masih disiagakan di kawasan bandara. 
 
Saat ditanyai mengenai keberadaan Neno Warisman saat ini Kapolres Kombes Pol Hengki mengatakan, Neno sedang diamankan. "Masih ada di sini. Masih diamankan," ujarnya.
 
Terkait adanya kegiatan sejenis yakni jalan santai yang dilakukan relawan pendukung Jokowi, Hengki tegas mengatakan kegiatan tersebut juga ditiadakan. 
 
"Ditiadakan. Kami akan pantau besok pagi. Kami harap semua pihak menahan diri dan menjaga kondusifitas Batam," pungkas dia.
 

(SCI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif