Rel Layang Sumut Rampung Akhir Tahun
ilustrasi Medcom.id
Medan: Pengerjaan jalur rel kereta api layang rute Medan-Bandar Khalipah, Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara, sepanjang 10,8 kilometer sudah dikerjakan 91 persen. Targetnya akhir 2018, rel layang itu sudah selesai.

"Saat ini juga terus dikerjakan termasuk pembangunan stasiun," ujar Pejabat Pembuat Komitmen Medan 1 Balai Teknik (Baltek) Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Fahrul Rifai Hasibuan di Medan, Kamis, 13 September 2018.

Menurut Fahrul, dari 213 total spand/bentang yang akan dipasang dari Mandala - Medan - Pulo Brayan, sebanyak 162 sudah terpasang.


"Tinggal 51 bentang lagi yang belum terpasang dan saat ini sedang dikerjakan," katanya.

Pemasangan spand dan termasuk pemasangan rel sekitar enam kilometer lagi diharapkan bisa selesai semua pada Desember 2018. Menurut dia, rel layang itu akan mengurangi 42 frekuensi lalu lintas kereta api dari dan ke Bandara Kualanamu per harinya.

Pengerjaan proyek rel kereta api layang yang pertama di Sumatera itu sudah dimulai  sejak 2015. Fahrul mengakui, rencananya dari dua jalur rel layang yang hampir rampung, nantinya akan ada pembangunan hingga enam jalur pada  2019 -2022.

Proyek itu sekaligus menyelesaikan pembangunan rel layang ke arah Binjai. Dia menegaskan, setelah enam jalur selesai, maka jalur bawah kereta api otomatis digunakan secara terbatas. 

Site Manager PT Adhi Karya, Irwan Nasution meyakini proyek rel layang itu bisa dikerjakan sesuai rencana. Hingga sejauh ini, ujar dia, pengerjaan proyek tidak bermasalah berkat dukungan semua pihak termasuk.masyarakat.



(ALB)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id