ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id (Yose Hendra)

Sejuta Warga Sumatera Barat Rentan Jadi Korban Tsunami

tsunami
Yose Hendra • 07 Januari 2019 19:31
Padang: Sekitar sejuta jiwa warga Sumatra Barat rentan menjadi korban tsunami. Mereka berdomisili di kawasan pesisir tujuh kabupaten dan kota yang dinilai rawan tsunami.
 
Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatra Barat Erman Rahman menyebut, enam daerah itu berada di sepanjang pesisir pantai Sumbar daratan, yakni Kabupaten Pesisir Selatan, Padang Pariaman, Agam, Pasaman Barat, dan Kota Padang, Pariaman. Sisanya satu daerah lagi adalah Kepulauan Mentawai.
 
Kerentanan ketujuh daerah itu, ujarnya, karena berdasarkan publikasi sejumlah penelitian, sisi barat Sumatra Barat, menyimpan potensi tektonik yang dinilai mampu membangkitkan tsunami. 
Di barat Kepulauan Mentawai ada megathrust di segmen Siberut, yang menjadi jalur lempeng Eurasia-Indo-Australia. Sementara di sisi timur atau antara Kepulauan Mentawai dengan Sumbar daratan ada backthrust.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Gempa dari Megathrust bisa mencapai magnitudo 8,8 Skala Richter (SR), sementara gempa dari Backthrust Mentawai diperkirakan tak akan lebih dari 8 SR," jelas Koordinator Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) Sumatra Barat, Ade Edward.
 
Dibanding ancaman Megathrust, Ade berharap otoritas lebih manaruh perhatian terhadap potensi Back Thrust atau sesar naik di bagian belakang, karena mekanisme atau polanya nyaris sama dengan tsunami di Selat Sunda. Dengan kata lain, tsunami muncul tanpa didahului gempa.
 
Sejauh ini, upaya mitigasi kongkret terus dilakukan. Mitigasi bersifat struktural dan non struktural. Untuk struktural ada diletakkan buoy, tide gauge, dan shelter. 
 

(ALB)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif