Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjen PAS) Sri Puguh Utami. Foto: Medcom.id/Juven Martua Sitompul
Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjen PAS) Sri Puguh Utami. Foto: Medcom.id/Juven Martua Sitompul (Antara)

Dirjenpas: Lapas Langkat Sudah Kondusif

tahanan napi kerusuhan penjara
Antara • 17 Mei 2019 05:03
Jakarta: Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sri Puguh Budi Utami menyatakan kondisi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Langkat Sumatera Utara sudah kembali kondusif. Lapas Langkat sempat rusuh dan dibakar warga binaan pada Kamis siang, 16 Mei 2019.
 
"Warga binaan yang sempat berada di luar lapas, saat ini telah kembali ke kamar hunian masing-masing," ujar Utami seperti yang dilansir Antara.
 
Pihaknya telah melakukan komunikasi video telekonferensi dengan warga binaan Lapas Langkat. Warga binaan antusias bergantian meneriakkan aspirasinya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Utami akan datang ke Lapas Langkat dan mendengar keluhan warga binaan pada Jumat, 17 Mei 2019. Dia meminta warga binaan untung mendinginkan kepala dan mengikuti aturan yang ada. "Saya minta mereka tetap tenang dan kembali ke blok masing-masing," ujar Utami.
 
Baca: Rusuh, Warga Binaan Bakar Lapas Langkat
 
Utami mengatakan, warga binaan secara tertib kembali ke kamar masing-masing dengan arahan jajaran Kanwil Sumatera Utara.
 
Peristiwa kericuhan di Lapas Langkat dipicu oleh penemuan narkoba jenis sabu oleh petugas Lapas Langkat, yang kemudian berkoordinasi dengan Polres Langkat untuk menindaklanjuti dengan pemeriksaan.
 
Hal ini diduga memicu sejumlah narapidana melakukan perlawanan yang berujung pada pemberontakan hingga menjebol pintu Lapas Langkat. Kendati demikian Utami mengatakan pihaknya masih melakukan penyelidikan dan mendalami apa yang menjadi pemicu insiden tersebut.
 
Saat kejadian jumlah penghuni Lapas Langkat berdasarkan SDP adalah 1.635 orang dari kapasitas seharusnya untuk 915 orang.
 
Baca: Kerusuhan Lapas Langkat Berawal dari Razia Narkoba
 

(SUR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif