Pebalap merundukkan badan untuk mendapatkan daya tekan saat jalan menurun rute Padang Panjang menuju Kota Padang pada etape ke IX Tour de Singkarak 2015 di Lembah Anai, Padang Panjang, Sumatera Barat. MI/Susanto
Pebalap merundukkan badan untuk mendapatkan daya tekan saat jalan menurun rute Padang Panjang menuju Kota Padang pada etape ke IX Tour de Singkarak 2015 di Lembah Anai, Padang Panjang, Sumatera Barat. MI/Susanto (Antara)

Tour de Singkarak 2018 Libatkan 15 Kabupaten/Kota

tour de singkarak
Antara • 05 September 2018 23:31
Padang: Tour de Singkarak 2018 akan digelar  delapan etape dengan melibatkan 15 dari 19 kabupaten dan kota di Provinsi Sumatera Barat. Delapan etape ini akan menempuh rute sepanjang 1.100 kilometer.
 
Tour de Singkarak rencananya akan digelar pada 3-11 November 2018. "Dimulai dari Kota Bukittinggi dan berakhir di Kota Pariaman," kata Kepala Dinas Pariwisata Sumbar Oni Yulfian di Padang, Rabu, 5 September 2018.
 
Rute tersebut menurutnya sudah disurvei oleh tim konsultan dan penyempurnaannya diharapkan bisa selesai tepat waktu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Awalnya, 18 dari 19 kabupaten/kota diharapkan bisa turut serta. Diharapkan tujuan Tour de Singkarak untuk mempromosikan wisata bisa tercapai. Namun, empat kabupaten batal ikut serta pada 2018 karena keterbatasan anggaran daerah.
 
Kabupaten Kepulauan Mentawai sejak awal memang belum bisa diikutsertakan karena keterbatasan infrastruktur. Sementara itu Padangpariaman pada waktu yang berdekatan menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) yang cukup banyak menelan anggaran.
 
Pasaman Barat menfokuskan anggaran untuk mengeluarkan daerah dari status tertinggal demikian juga dengan Solok Selatan.
 
Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit mengatakan Tour de Singkarak adalah kebanggan daerah yang tidak boleh terhenti pada pelaksanaan yang telah 10 tahun. Dia menargetkan 18 dari 19 kabupaten/kota ikut serta di Tour de Singkarak tahun depan.
 
"Tahun 2019, 18 kabupaten dan kota harus ikut serta," katanya.
 
Anggaran dari pemerintah pusat untuk Tour de Singkarak 2018 sekitar Rp600 juta. Anggaran itu menyusut dari tahun-tahun sebelumnya. Penyusutan bertujuan untuk mendorong Tour de Singkarak dikelola secara mandiri.
 

(SUR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif