Sumut Diprediksi Dilanda Cuaca Buruk Hingga Juni
Ilustrasi cuaca buruk/Antara
Medan: Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Sumut memprediksi musim hujan akan melanda wilayah Sumatera Utara hingga awal Juni. Curah hujan tinggi yang melanda sebagian besar wilayah Sumut ini akan diikuti angin kencang.

"Curah hujan akan terjadi hingga awal Juni dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang," kata Kabid Data & Informasi BMKG Wilayah I Medan Syahnan, Rabu, 23 Mei 2018.

Curah hujan tinggi melanda wilayah Simalungun, Taput, Samosir, Tobasa, Humbahas dan dapat meluas ke wilayah Tapsel, Tapteng, Pematang Siantar, Padang Sidimpuan, Palas, Paluta, Asahan, Tanjungbalai, Batubara, Labuhanbatu, Labura, Labusel, Sergai, Tebing Tinggi, Asahan, Karo, Langkat, Binjai, Medan, Deli Serdang, Dairi, Pakpak Bharat dan sekitarnya.


"Akan tetapi, curah hujan ini juga bisa terjadi lokal dan tidak mempengaruhi pegunungan. Untuk kecepatan angin secara umum yakni 15-20 knot sedangkan suhu udara yakni 22-33 derajat celcius," ucap Syahnan.

Syahnan mengimbau agar masyarakat tetap mewaspadai terjadinya banjir dan angin kencang. Masyarakat yang berada di kawasan pantai dan pegunungan dimibta agar mengantisipasi longsor.

"Karena hujan diikuti dengan angin kencang, maka sebaiknya waspada dengan potensi pohon tumbang. Apalahi musim hujan ini akan terjadi hingga awal Juni. Selain itu, waspadai terjadinya longsong khususnya di kawasan pegunungan," papar Syahnan.



(SUR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id