Enam Caleg Korban Lion Air Tidak Bisa Diganti
Tabur bunga keluarga korban Lion Air PK-LQP di perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat. Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez.
Bangka Belitung: Sebanyak enam Calon Anggota Leslatif Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Bangka Belitung (Babel) yang merupakan korban jatuhnya pesawat Lion Air PK_LQP tidak bisa diganti.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Babel. Davitri mengatakan sesuai aturan di PKPU No. 20 Tahun 2018 diubah dengan PKPU No. 31 Tahun 2018, caleg yang meninggal dunia tidak bisa digantikan lagi oleh partai politik.

Kecuali lanjutnya untuk caleg perempuan, pasalnya jika tidak diganti akan mempengaruh 30 persen suara keterwakilan perempuan.


"Meskipun sedangkan berduka. Kalau untuk laki-laki meninggal sudah tidak bisa ganti, tapi kalau perempuan bisa, sebab jika tidak di ganti akan mempengaruh 30 persen suara keterwakilan perempuan," kata Davitri. Selasa 6 November 2018.

Baca: Hujan Air Mata di Tanjung Karawang


Davitri menyebutkan ke-6 anggota DPRD Babel Korban Lion air yang kembali mencalonkan adalah, Muchtar Rasyid (PKS), Ahmad Mugni (Golkar), HK Djunaidi (Demokrat), Eling Sutikno (PPP), Dolar Dolar (PKB), dan Murdiman (PAN).

"Untuk HK Djunaidi, Dolar, dan Eling Sutikni merupakan caleg dari Dapil Bangka,"ujarnya.

Hingga saat ini, ke-6 anggota DPRD Babel yang menjadi korban lion air LQP belum ada yang teridentifikasi, hanya saja untuk Babel dari 56 korban sudah teridentifikasi 7 korban.

Pesawat Lion air LQP yang jatuh di perairan Tanjung Karang menyebabkan 188 korban, hingga saat ini baru 27 korban yang berhasil di identifikasi.






(ALB)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id