Ilustrasi. Upacara penghormatan Salib dalam rangkaian ibadat Jumat Agung di Gereja Katedral, Jakarta, 30 Maret 2018. MI/Pius Erlangga
Ilustrasi. Upacara penghormatan Salib dalam rangkaian ibadat Jumat Agung di Gereja Katedral, Jakarta, 30 Maret 2018. MI/Pius Erlangga (Antara)

Ribuan Umat Nasrani Peringati Jumat Agung di Gereja Katedral Kristus Raja

peringatan paskah
Antara • 30 Maret 2018 17:43
Bandarlampung: Ribuan pemeluk agama Kristen beribadah Jumat Agung di Gereja Katedral Kristus Raja, Bandarlampung, Jumat, 30 Maret 2018. Pantauan di salah satu gereja tertua di Lampung, ribuan jemaat sejak pukul 11.00 WIB memasuki gereja untuk melaksanakan ibadah Jumat Agung.
 
Pelaksanaan ibadah memperingati wafatnya Isa Almasih itu berlangsung khidmat dan tertib dipimpin oleh Romo Andre.
 
Jemaat gereja yang berasal dari Kota Bandarlampung tersebut mendengarkan khotbah tidak hanya di dalam, tetapi juga di halaman gereja yang telah disiapkan tenda oleh panitia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Toto, panitia Jumat Agung, mengatakan bahwa pelaksanaan ibadah tersebut berlangsung dua kali.
 
"Ibadah pertama berlangsung pukul 12.00 WIB hingga selesai dan pelaksanaan ibadah kedua berlangsung sekitar pukul 15.00 WIB," ujarnya.
 
Ia menyebutkan sebanyak 2.000 pemeluk agama Kristen datang ke Gereja Katedral Kristus Raja untuk mengikuti ibadah Jumat Agung.
 
Menurut dia, sejumlah gereja lain di Bandarlampung, juga melaksanakan ibadah Jumat Agung untuk memperingati wafatnya Isa Almasih.
 
"Gereja di Kedaton, Tanjungkarang, Telukbetung, dan Panjang juga melaksanakan ibadah Jumat Agung," ujarnya.
 
Pada pelaksanaan Jumat Agung di Gereja Katedral tersebut, sejumlah petugas dari Polres Bandarlampung terlihat berjaga-jaga di dalam maupun di luar gereja.
 
Petugas yang diturunkan pada pengamanan gereja tersebut sebagian besar polwan. Pantauan di lokasi juga menunjukkan tidak ada kendaraan taktis dan petugas dalam jumlah besar untuk pengamanan ibadah Jumat Agung.

 

(ALB)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif