Ilustrasi Medcom.id
Ilustrasi Medcom.id (Antara)

Banjir Terjang Dua Desa di Aceh Tenggara

bencana banjir
Antara • 11 Juni 2019 18:55
Banda Aceh: Banjir menerjang dua desa di daerah aliran sungai setempat, setelah hujan terus mengguyur dalam beberapa hari terakhir di Aceh Tenggara. Dua desa yang diterjang banjir yakni Kute Lesung, di Kecamatan Lawe Sumur, dan Bambel Gabungan di Kecamatan Bambel, Aceh Tenggara. 
 
"Penyebabnya akibat hujan yang terjadi dalam beberapa hari terakhir telah mengakibatkan air Sungai Bulan, dan Sungai Kinga meluap hingga menggenangi rumah pemukiman penduduk pada Senin, 10 Juni, sekitar pukul 20.30 WIB," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Teuku Ahmad Dadek, melansir Antara, Selasa, 11 Juni 2019. 
 
Dia mengatakan, kondisi air kedua sungai mulai berangsur surut. Dia menyebut, pihaknya tengah berkoordinasi dengan perangkat desa dan kecamatan setempat untuk mendata korban terdampak juga material.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sepanjang hari ini, kondisi cuaca di wilayah Aceh Tenggara dalam keadaan mendung," imbuhnya.
   
Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Aceh mencatat, maraknya praktek illegal logging beberapa tahun terakhir telah memicu kerusakan ekosistem di Aceh Tenggara. Sehingga, Aceh Tenggara menjadi daerah rawan bencana khususnya banjir. 
 
"Dalam sepuluh tahun terakhir saja, kerugian material akibat banjir berbagai kawasan di Aceh Tenggara telah mencapai angka Rp215 miliar," ungkap Direktur Walhi Aceh, Muhammad Nur.
 
Dia mengatakan, banjir merupakan bencana yang sering terjadi di wilayah yang berbatasan dengan Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara ini. Selain itu, dalam sepuluh tahun terakhir, juga terjadi angin kencang, puting beliung, dan tanah longsor dengan frekuensi mencapai 37 kali.
 
"Kita bisa lihat, setidaknya dari tahun 2010 sampai sekarang. Setiap tahun pasti ada saja banjir terjadi," tandasnya. 
 

(LDS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif