KPU Bintan Coret 22 Bakal Caleg DPRD
ilustrasi Medcom.id
Batam: Sebanyak 22 bakal calon anggota legislatif (caleg) di Kabupaten Bintan, Provinsi Kepri, dicoret dan dinyatakan tidak memenuhi syarat. Ke 22 bakal caleg tersebut berasal dari sejumlah partai politik (parpol) peserta Pemilu 2019. 

Ketua Divisi Teknis KPU Bintan, Rusdel, mengatakan, tidak lolosnya 22 caleg tersebut berdasarkan penyerahan berita acara hasil verifikasi dan rancangan daftar calon sementara Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bintan.

"Sesuai berita acara yang ditandatangani Komisioner KPU Bintan, berkas yang masuk dari 16 parpol peserta pemilu berjumlah 289 orang. Namun, dari hasil verifikasi yang dilakukan KPU terdapat 22 berkas bakal caleg yang Tidak Memenuhi Syarat (TMS)," ujar Rusdel, Minggu, 12 Agustus 2018.  


Sehingga bakal caleg DPRD Bintan yang memenuhi syarat (MS) sebanyak 267 orang dari empat daerah pemilihan (dapil). Keempat dapil tersebut, yakni Dapil: 1 Kecamatan Gunungkijang toapaya, teluk bintan dan teluk sebong, Dapil II: Bintan pesisir, mantang dan tambelan, Dapil III: Bintan Timur, dan Dapil IV: Bintan utara serta seri kuala lobam.

Ratusan bakal caleg tersebut akan berkompetisi memperebutkan 25 kursi DPRD Bintan pada Pemilu 2019 mendatang.  

Ditambahkan Rusdel, jumlah berkas yang masuk dari 16 partai politik di Bintan sebanyak 289 berkas. Sebanyak 22 bakal caleg tidak memenuhi persyaratan. Selain itu, kata dia, karena tidak melengkapi dokumen persyaratan sebagai bacaleg, sehingga dalam satu dapil tidak tercapai keterwakilan 30% perempuan.

“Jadi yang kami tetapkan sebagai Daftar Calon Sementara (DCS) pada hari ini sebanyak 267 orang,'' kata Rusdel. Adapun kesalahan dan kekurangan bakal caleg umumnya tidak melampirkan berkas seperti yang diminta. Selain itu, ada berkas yang mengharuskan pengesahan legalisir namun belum dilengkapi, seperti ijazah.

"Selain itu, kita juga menemukan bahwa ada berkas bebas narkoba yang habis masa berlakunya, sehingga kita meminta parpol untuk mengurus suratnya kembali,'' terangnya.



(ALB)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id