Ilustrasi penangkapan, Medcom.id - M Rizal
Ilustrasi penangkapan, Medcom.id - M Rizal (Anwar Sadat Guna)

Penyelundupan 95 Ribu Baby Lobster Digagalkan

penyelundupan
Anwar Sadat Guna • 25 Desember 2018 16:56
Batam: Upaya penyeludupan baby lobster berhasil digagalkan Satgas Patroli Laut Kantor Wilayah Khusus (Kanwilsus) Direktorat Jenderal Bea Cukai (DJBC) Kepri. Dari penangkapan tersebut, petugas menyita 95.750 baby lobster yang akan diselundupkan ke luar negeri.  
 
Kepala Kanwilsus DJBC Kepri, Agus Yulianto, mengungkapkan, penangkapan tersebut berawal dari informasi yang diterima petugas Bea Cukai Kepri terkait adanya upaya penyelundupan baby lobster keluar dari area pabean Indonesia.
 
"Operasi penangkapannya berlangsung pada Senin, 24 Desember 2018. Begitu mendapatkan informasi, Tim Patroli Kanwil DJBC Kepri dan Bea Cukai Batam melakukan pengejaran terhadap target, di sekitar perairan Pulau Patah, Kecamatan Moro, Kabupaten Karimun," ungkap Agus, Selasa, 25 Desember 2018.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Setibanya di lokasi, Tim Patroli memantau pergerakan sebuah speed boat dengan kecepatan tinggi (HSC) dengan kekuatan mesin 300 PK. Kapal cepat itu melintas di lokasi sekitar pukul 09.30 WIB.
 
“Speed boat itu berusaha kabur, sehingga tim patroli kami mengeluarkan tembakan peringatan ke atas. Namun para pelaku tetap berusaha kabur. Kami langsung melakukan pengepungan di perairan Pulau Pu Jello, namun para pelaku mengandaskan kapalnya ke arah hutan bakau, dan langsung kabur,” ujar terang Agus.
 
Pengejaran yang dilakukan petugas di lapangan akhirnya berhasil menemukan belasan kotak polystyrene. Kotak-kotak tersebut berisikan puluhan ribu baby lobster. 
 
“Jumlah yang diamankan sebanyak 13 kotak polystyrene. Nilai barang tersebut ditaksir mencapai Rp12 miliar lebih. Terdapat dua jenis baby lobster. Satu ekor baby lobster jenis pasir seharga USD8 dolar, sedangkan satu ekor baby lobster jenis mutiara seharga USD15 dolar,” tambah Agus.
 
Ia menuturkan, puluhan ribu baby lobster tersebut diduga akan diselundupkan ke Singapura. Petugas Bea Cukai masih menyelidiki dari mana baby lobster tersebut. “Kita perkirakan berasal dari pengepul yang kemudian akan diselundupkan keluar negeri,” tuturnya.
 
Sebanyak 95.750 baby lobster yang berhasil diamankan, selanjutnya di lepas ke habitatnya di perairan Pulau Karimun Anak. Acara pelepasan dilakukan bersama dinas terkait. 
 

(RRN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif