Pesawat Asing yang Diusir TNI AU milik Maskapai Brunei

Anwar Sadat Guna 01 November 2018 18:13 WIB
perbatasan
Pesawat Asing yang Diusir TNI AU milik Maskapai Brunei
Pesawat IndiGo saat masuk wilayah Kepri dan diusir oleh Sukhoi Su-27/30. (Foto: TNI AU)
Batam: Pesawat asing yang masuk wilayah Indonesia, tepatnya di Kepulauan Riau (Kepri) tanpa izin adalah pesawat sipil komersial. Pesawat berjenis Airbus A-320 registrasi V8-RBT tersebut milik maskapai Brunei Darussalam. Sebelumnya, pesawat itu diusir oleh dua Sukhoi Su-27/30 TNI AU. 

"Tertera tulisan IndiGo. Pesawat tersebut berjenis Airbus. Radar kami berhasil menangkap pergerakan pesawat asing tersebut saat masuk wilayah Kepri," kata Kepala Penerangan dan Pustaka Lanud RHF, Letnan Anger kepada Medcom.id, Kamis, 1 November 2018. 

Baca: Sukhoi TNI AU Usir Pesawat Asing Masuk Kepri


Gambar yang diterima Medcom.id, tampak jelas pergerakan pesawat komersil IndiGo saat memasuki wilayah udara Kepri. Pesawat tersebut diketahui terbang (take off) dari Bandara Changi, Singapura lalu terbang mengarah ke wilayah udara Kepulauan Riau. 

"Ketika tertangkap radar kami memasuki wilayah Kepri, dua Sukhoi TNI AU langsung mengejar dan mengusir pesawat asing tersebut," ujar Anger. Tampak jelas juga dalam gambar yang berhasil direkam oleh radar TNI AU saat Sukhoi TNI AU mengusir pesawat IndiGo keluar dari wilayah Kepri. 

Diberitakan sebelumnya, dua pesawat Sukhoi Su-27/30 berhasil melakukan pencegatan dan pengusiran terhadap pesawat asing yang masuk ke wilayah Kepri, Rabu, 31 Oktober 2018. Pesawat asing itu terbang di wilayah timur Tanjungpinang Kota, Provinsi Kepri. 



(ALB)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id