Ilustrasi/Medcom.id.
Ilustrasi/Medcom.id. ()

Ulama Aceh Haramkan Gim PUBG

pemerintah daerah pubg
20 Juni 2019 16:28
Banda Aceh: Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh mengeluarkan fatwa haram memainkan permainan daring Player Unknown Battle Ground (PUBG) dan sejenisnya.  
Fatwa haram ini dikeluarkan MPU Aceh setelah melakukan pengkajian dan mendalami tentang bahaya dan manfaat gim PUBG dan sejenisnya.
 
"Kita haramkan PUBG dan gim perang sejenisnya, yang bentuknya mengajarkan unsur-unsur kekerasan, unsur pornografi dan islamophobia. Gim bentuk-bentuk seperti itu semuanya kita larang, baik online maupun offline," kata Wakil Ketua MPU Aceh, Tgk H Faisal Ali, Kamis, 20 Juni 2019. 
 
Faisal mengatakan, MPU Aceh juga melibatkan ahli informasi teknologi dan ahli psikologi dalam melakukan kajian terhadap gim PUBG dan sejenisnya, hingga diputuskan gim tersebut haram. Alasannya karena gim tersebut menimbulkan sikap brutal dan mengubah prilaku, melalaikan, dan, melahirkan perilaku tidak baik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sebelum disahkan, fatwa haram bermain PUBG dan permainan perang sejenis dibahas sejak dua hari terakhir. Dalam pembahasan ini juga mengundang sejumlah ahli," ujar Faisal.
 
Selain itu sambung Faisal, permainan PUBG dan perang-perangan sejenisnya menciptakan perilaku yang aneh-aneh. Perilaku ini mengubah akhlak yang memainkannya. Selain perilaku aneh-aneh, yang memainkan permainan tersebut perilakunya menjadi brutal dan beringas, sehingga bisa mengganggu dan meresahkan orang lain.    
 
"Permainan PUBG dan sejenisnya ini juga menghina simbol-simbol Islam. Sebab itu, permainan PUBG dan sejenisnya haram dimainkan," tegasnya.

 

(ALB)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif