Tangkap Sabu 1 Ton, Panglima Beri Penghargaan Awak KRI Sigurot

Anwar Sadat Guna 11 Februari 2018 17:19 WIB
narkobasabunarkotika
Tangkap Sabu 1 Ton, Panglima Beri Penghargaan Awak KRI Sigurot
Panglima TNI Hadi mengunjungi Dermaga Lapangan Angkatan Laut (Lanal) Batam, Kepulauan Riau, Minggu, 11 Februari 2018/Medcom.id/Fachri
Batam: Awak kapal KRI Sigurot-864 yang berhasil menggagalkan penyelundupan 1 ton sabu oleh kapal MV Sunrise Glory mendapatkan penghargaan dari Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, di Markas Lantamal IV, Tanjungpinang, Provinsi Kepri, Minggu, 11 Februari 2018. 

Hadi memberikan apresiasi yang tinggi terhadap seluruh awak KRI Sigurot-864 atas prestasi terbaiknya menjaga wilayah perairan NKRI. 

"Saya memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada seluruh awak KRI Sigurot atas kemampuan dan prestasinya terbaiknya," ungkap Hadi di Mako Lantamal IV, Tanjungpinang.


Mantan Kepala Staf TNI Angkatan Udara ini menyerahkan piagam penghargaan dan cinderamata kepada Komandan KRI Sigurot-864, Mayor Laut Arrizona B beserta 12 awak Kapal Republik Indonesia (KRI) tersebut. 

Dalam kesempatan tersebut, Panglima TNI juga memberikan penghargaan kepada Tim Western Fleet Quick Response (WFQR) IV Lantamal IV, Badan Narkotika Nasional (BNN), Polda Kepri, dan Bea Cukai Batam yang turut bekerja sama dalam pengungkapan kasus tersebut.

Baca: TNI AL Diperintahkan Intensif Berkoordinasi soal Pemberantasan Narkoba


"Penangkapan terbesar ini tak lepas dari sinergitas antara TNI, BNN, kepolisian, dan Bea Cukai Batam. Saya berharap agar kerja sama ini terus ditingkatkan," ujar Hadi. Panglima TNI juga meminta agar TNI AL semakin meningkatkan koordinasi dengan instansi terkait.

Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Pol Budi Waseso yang hadir dalam acara tersebut juga memberikan penghargaan kepada seluruh jajaran yang berhasil mengungkap kejahatan peredaran gelap 1.000 kg sabu di perairan Indonesia.

Perwira tinggi Polri yang akrab disapa Buwas ini berharap agar sinergitas antara instansi terkait terus ditingkatkan. "Hal ini penting untuk menutup ruang gerak para jaringan narkoba masuk di wilayah Indonesia," ujarnya.

Buwas juga mengajak seluruh pihak untuk bersama-sama memberantas narkoba karena hal tersebut merupakan ancaman negara. "Mari jadikan sebagai musuh bersama," pungkasnya.

Upacara penyerahan penghargaan kepada jajaran TNI AL, BNN, kepolisian dan Bea Cukai Batam dihadiri Komandan Lantamal IV Laksma TNI Ribut Eko Suyatno, dan para pejabat tinggi Lantamal IV, BNN, Ditjen Bea Cukai, Polda Kepri dan instansi lainnya.

Diberitakan sebelumnya, KRI Sigurot 864 berhasil menangkap kapal MV Sunrise Glory saat masuk di wilayah perairan Indonesia, tepatnya di Selat Phillips, Batam. Selain mengamankan empat ABK termasuk nakhoda, tim gabungan petugas TNI AL, BNN, Bea Cukai, dan Polda Kepri berhasil mengamankan puluhan karung beras berisi sabu seberat 1.000 kg atau setara 1 ton. 






(ALB)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id