ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id (Antara)

Tiga Jembatan di Padang Pariaman Putus

jembatan rubuh
Antara • 11 Desember 2018 09:54
Parit Malintang: Sejumlah jembatan di Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat putus dihantam arus sungai yang meluap karena tingginya curah hujan mengguyur di daerah itu. Peristiwa ambruknya jembatan itu terjadi Senin, 10 Desember sekira 20.00 WIB.
 
"Jalur itu tidak bisa dilewati dari kedua arah," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Padang Pariaman, Budi Mulya, Senin, 10 Desember 2018. 
 
Budi mengatakan, untuk sementara ada tiga jembatan ambruk dalam waktu yang hampir bersamaan. Jembatan tersebut yaitu dua di Kecamatan 2x11 Kayu Tanam yakni di Pasang Usang, Nagari Kayutanam dan jembatan Sungai Patai, Nagari Kapalo Hilalang, lalu jembatan di Lubuk Napa di Kecamatan Padang Sago.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sedangkan jembatan yang ambruk di Pasa Usang merupakan sarana transportasi jalan nasional yang  menghubungkan Kota Padang dengan Bukittinggi.
 
"Akibatnya jalan tersebut tidak bisa dilewati," katanya.
 
Ia menyampaikan pengendara dari arah Bukittinggi maupun sebaliknya saat ini masih tertahan di 2x11 Kayu Tanam karena juga ada longsor dan air terjun di Lembah Anai yang meluap.
 
Ia mengatakan hari ini, Selasa, 11 Desember akan mendata fasilitas yang rusak akibat tingginya curah hujan di daerah itu. 
 
Sementara itu Kapolres Padang Pariaman, AKBP Rizki Nugroho mengatakan jembatan yang menghubungkan Kota Padang dengan Bukittinggi ambruk sekitar pukul 18.30 WIB.
 
Di jalur yang sama juga terjadi longsor yaitu di Bukit Tambun Tulang Malibou Anai Nagari Guguak, Kecamatan 2x11 Kayu Tanam sekitar pukul 19.00 WIB. Akibatnya pengendara harus tertahan di 2x11 Kayu Tanam karena akses baik dari Padang maupun Bukittinggi putus.
 
"Hingga saat ini tidak ada korban jiwa," ujarnya.
 

(ALB)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi