Lebih 39 Ribu Orang Tinggalkan Batam
Pesawat di area parkir Bandara Hang Nadim Batam, 4 April 2016, MI - Hendri Kremer
Batam: Bandara Hang Nadim Batam, Kepulauan Riau, terus dipadati pemudik. Sampai H-5, sebanyak 39.073 pemudik sudah meninggalkan Batam melalui bandara internasional tersebut.

Direktur Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) Hang Nadim Batam, Suwarso, mengatakan, puncak arus mudik Lebaran tahun ini sudah terasa sejak H-8 Lebaran.

"Kepadatan arus mudik sudah terasa sejak H-8. Terhitung sejak H-8 hingga H-5 Lebaran, sebanyak 39.073 pemudik sudah berangkat melalui Bandara Hang Nadim," ujar Suwarso kepada Medcom.id, Senin, 11Juni 2018.


Pada H-5 kemarin, sambung Suwarso, tercatat sebanyak 10.202 penumpang berangkat melalui Hang Nadim Batam. Tujuannya ke berbagai wilayah di Sumatera dan Jawa.

"Tujuan terbanyak masih ke Jakarta. Rata-rata penumpang yang berangkat ke Jakarta sejak H-8 hingga H-5 sebanyak 2.000 orang. Disusul kota lainnya, yakni Pekanbaru, Jambi, Padang, Medan, dan lainnya," kata Suwarso.

Puncak arus mudik Lebaran tahun ini diperkirakan masih akan terjadi paa H-4 hingga H-2 Lebaran. "Kami memprediksi bandara masih akan  dipadati ribuan penumpang pada H-2 Lebaran nanti," ujarnya.

Arus mudik penumpang di Bandara Hang Nadim Batam, sambung Suwarso, berjalan lancar. Seluruh penumpang terangkut sesuai jadwal keberangkatan maskapai.

Pihaknya mengimbau kepada para calon penumpang agar datang lebih awal dari jadwal keberangkatan di bandara agar dapat menghindari terjadinya penumpukan di terminal keberangkatan.

Hal itu akan memudahkan petugas dalam memberikan pelayanan sehingga dapat menghindari antrean panjang di terminal keberangkatan. "Kami juga telah menempatkan petugas di pos masing-masing untuk memeriksa tiket, kartu tanda identitas, dan barang-barang penumpang," ujranya.



(RRN)