Ilustrasi. Medcom.id/M Rizal
Ilustrasi. Medcom.id/M Rizal (Antara)

PVMBG: Erupsi Gunung Krakatau Berhenti

erupsi gunung Tsunami di Selat Sunda
Antara • 30 Desember 2018 12:08
Bandarlampung: Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menginformasikan erupsi Gunung Anak Krakatau sudah berhenti.
 
Data ini berdasarkan hasil pemantauan Satelit Himawari dan radar cuaca sejak Sabtu, 29 Desember 2018, malam sampai Minggu, 30 Desember 2018, pagi telah berhenti total. Rekaman seismograf di Pulau Sertung, gugusan pulau di Selat Sunda, dekat Gunung Anak Krakatau menunjukkan tidak ada fluktuasi getaran dengan amplitudo rata-rata 10 milimeter (mm)
 
Amplitupado getaran saat erupsi pada Sabtu 22 Desember 2018, lalu mencapai 25-30 mm. Namun, tim PVMBG tidak dapat memastikan kemungkinan apakah kondisi ini bersifat sementara atau permanen.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pengamat PVMBG di Pos Pasauran bergantung ke citra satelit untuk memantau aktivitas erupsi karena gunung sering tertutup kabut di musim hujan ini.
 
Staf Badan Geologi PVMBG Pos Pengamatan Pasauran Gunung Api Krakatau Windi Cahya Untung melaporkan ketinggian gunung tinggal 110 meter dari permukaan laut. Turun sekitar 228 meter dari ketinggian sebelumnya.
 
Kondisi hari ini berbeda dengan dari pengamatan periode pukul 00.00-23.59 WIB, 29 Desember 2018 menunjukkan kondisi cuaca cerah berawan. Pengamatan visual menunjukkan asap kelabu putih dengan tinggi 1.000 meter.
 
Kegempaan masih berlanjut erupsi dan mengeluarkan abu vulkanik hingga mencapai 7.338 meter di atasnya, alami kegempaan tremor vulkanik dengan amplitudo 25 mm.
 
Kesimpulan tingkat aktivitas Gunung Anak Krakatau Level III (Siaga), sehingga direkomendasikan masyarakat/wisatawan tidak diperbolehkan mendekati kawah dalam radius lima kilometer.
 

(SUR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif