Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti (Willy Datus Nai)

Menteri Susi Lepasliarkan Penyu dan Ikan Napoleon di Perairan Natuna

hewan dilindungi
Willy Datus Nai • 12 Mei 2019 13:04
Natuna: Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti melepasliarkan 25 ekor hewan dilindungi di perairan Natuna, Kepulauan Riau, Sabtu, 11 Mei 2019. 25 ekor hewan dilindungi yaitu, 20 ekor Penyu dan 5 ekor ikan Napoleon.
 
"Saya berharap orang Natuna mulai belajar tidak mengonsumsi dan memperjual-belikan lagi telur Penyu, karena sudah kita konservasi," kata Susi Natuna, Kepulauan Riau, Sabtu, 11 Mei 2019.
 
Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Agus Suherrman merinci, ada 20 ekor induk penyu yang terdiri dari 19 ekor penyu hijau dan 1 ekor penyu sisik dan lima ekor ikan Napoleon dilepasliarkan. Keseluruh hewan yang dilepasliarkan dipasangkan tanda dari Balai Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut (BPSPL) Kementerian Kelautan dan Perikanan. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Penyu-penyu tersebut merupakan hasil operasi Polair Baharkam Polri yang menggagalkan pemanfaatan penyu pada 19 April 2019," kata Agus.
 
Selain penyu ada juga Ikan Napoleon indukan yang dilepasliarkan. Ikan ikan itu adalah milik masyarakat Natuna yang dengan kesadarannya memberikan kepada Pengawas Perikanan Natuna untuk dilepasliarkan di alam. Pelepasliaran di alam untuk mendukung keberlanjutan dan kelestarian Napoleon di perairan Natuna.
 
"Sampai hari ini Napoleon tidak bisa dibudidayakan, pembesaran bisa tapi pemijahan belum." ujar Agus.
 
Penyu merupakan spesies yang dilindungi karena keberadaannya terancam punah, sementara Ikan Napoleon termasuk dalam daftar CITES appendix II tahun 2004, yang terancam punah bila perdagangan terus berlanjut tanpa adanya pengaturan. 
 

 

(ALB)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:25
  • SUBUH04:35
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA18:59

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif