Ilustrasi haji (MI)
Ilustrasi haji (MI) (ant)

Embarkasi Batam Berangkatkan 12.860 Calon Haji

Haji 2019
ant • 20 Juni 2019 14:22
Batam: Embarkasi Hang Nadim Batam dijadwalkan memberangkatkan 12.860 orang jemaah calon haji (JCH) dari 4 provinsi, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, dan Kalimantan Barat dalam musim haji 2019. 
 
"Tahun ini sebanyak 12.860 JCH, memang bertambah," kata Kepala Seksi Pendaftaran, Dokumen dan Sistem Informasi Haji Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau, Alikek di Batam, Kamis, 20 Juni 2019.
 
Jumlah jemaah yang diberangkatkan Embarkasi Batam bertambah sekitar 900 orang yang tergabung dalam 2 kelompok terbang, sesuai dengan penambahan kuota haji untuk
Indonesia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hingga kini, Kemenag belum dapat memastikan jadwal pemberangkatan kloter 1 Embarkasi Batam, karena adanya penambahan 2 kloter. Ia menyatakan, ada pihak yang menginginkan agar jadwal keberangkatan kloter 1 dimajukan selama 2 hari dari agenda awal, 7 Juli 2019.
 
Menurut dia, pemberangkatan jemaah haji kloter 1 perlu dipercepat, agar kloter terakhir dapat menjalankan ibadah sempurna dengan sisa waktu yang ada.  "Karena kalau tidak dimajukan, kloter terakhir jadi mepet," ujar dia.
 
Untuk sementara, rencananya Kloter 1 Embarkasi Batam terdiri dari jemaah calon haji asal Kepulauan Riau, Kloter 20-10 JCH asal Riau dan 11 hingga 16 JCH asal Kalimantan Barat.    Kemudian, kloter 17 kembali berangkat JCH Kepri, kloter 18 sampai 20 JCH asal Riau, Kloter 21 hingga 27 JCH asal Jambi, dan kloter 28 dan 29 kembali jemaah asal Kepri.   
 
"Karena bertambah 2 kloter, maka perlu persiapan lebih, segala macam, seperti paspor, penerbangan tambah 2 slot lagi, asrama haji, manasik, anggaran, akomodasi dan konsumsinya juga," kata dia.
 
Sementara itu, dari 4 provinsi yang dilayani Embarkasi Hang Nadim Batam, 2 provinsi sudah menggunakan embarkasi antara, yaitu Riau dan Jambi. Dengan menjadi embarkasi antara, maka urusan administrasi diurus di provinsi masing-masing.
 
Jemaah embarkasi antara juga tidak menginap di Asrama Haji Batam, melainkan hanya menunggu beberapa jam di Bandara Hang Nadim untuk melanjutkan penerbangan ke Tanah Suci.
 

(ALB)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif