Terpidana Korupsi Tepergok di Luar Rutan untuk Pijat

Alex Rajes 10 Juli 2018 20:25 WIB
narapidana
Terpidana Korupsi Tepergok di Luar Rutan untuk Pijat
ilustrasi. (Medcom.id)
Bukittinggi: Narapidana korupsi penggelapan uang Yusafni Ajo, yang terlibat kasus penggelapan uang Rp62,5 miliar terkait kasus pembebasan beberapa lahan di Sumatera Barat tampak berkeliaran di kawasan Bukittinggi, Sumatera Barat.

Yusfani harusnya saat ini mendekam di Rumah Tahanan Anak Aia, Kota Padang, untuk mejalani masa hukuman. Namun keberadaannya di luar rutan, ditangkap kamera. Foto Yusafni di luar rutan viral.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sumatera Barat, Dwi Prasetyo membenarkan foto yang beredar di kalangan masyarakat adalah Yusafni Ajo


"Kasus Yusafni baru inkrah pada Selasa (3/7), yang bersangkutan belum dieksekusi oleh jaksa," ungkap Dwi kepada Medcom.id, Selasa, 10 Juli 2018 malam.

Dwi mengungkap, Yusafni keluar rutan untuk berobat. Lantaran, Yusafni didiagnosis mengalami sakit jatung sejak ditahan dan telah tiga kali dirawat.

"Foto yang beredar, Yusafni berobat, dibawa keluarganya  dan terapi pijat ke Bukittinggi karena sesak napas," urainya.

Dia mengatakan, menimbang dari sisi kemanusiaan, pihaknya memberikan izin kepada keluarga untuk membawa ke Aur Kuning, Bukittinggi.

Dwi menegaskan kalau Yusafni memang tidak dikawal, tapi dia dalam jaminan keluarganya. "Kami punya SOP yang jelas. Bila seorang napi yang izin keluar dijamin keluarga, itu tidak perlu dilakukan pengawalan," tutup Dwi.



(LDS)