Ilustrasi. (medcom.id)
Ilustrasi. (medcom.id) (Puji Santoso)

Polisi Razia Jalinsum Tangkap Napi yang Kabur

kebakaran
Puji Santoso • 16 Mei 2019 19:32
Langkat: Lemabaga Pemasyarakatan (LP) Narkotika Simpang Ladang, di Kecamatan Hinai, Langkat, Sumatera Utara terbakar. Ratusan narapidana kabur saat kekacauan terjadi. 
 
Kapolda Sumatera Utara Irjen Agus Andrianto mengatakan, telah memerintahkan seluruh jajaran polsek di ruas Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) dan jajaran Polres Langkat untuk merazia kendaraan yang melintas di Besitang-Stabat, Sumut. Diduga, narapidana yang kabur bakal menuju Aceh dan Medan. 
 
"Kami sudah perintahkan razia di kawasan perbatasan Langkat dengan Aceh, dan saat ini juga berkoordinasi untuk mendata napi yang melarikan diri," kata Agus Andrianto kepada wartawan di Medan, Kamis, 16 Mei 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Agus menegaskan, pihaknya pun akan menyelidiki sebab terjadinya kerusuhan di lapas tersebut. Selain itu, jajarannya juga berupaya menangkap kembali napi yang kabur.
 
Hingga kini, personel TNI/Polri masih mengamankan lapas. Bataliyon 8 Marinir Tangkahan Lagan juga dikerahkan. Sementara itu, diperkirakan ratusan napi kabur, kini sebanyak 30 napi yang kabur telah ditangkap kembali. 
 
"Yang pasti menurut data sementara ada 100 narapidana narkoba ini yang melarikan diri. Namun, 30 di antaranya kita amankan dan kita titip di rumah tahanan negara Tanjungpura dan Polsek Hinai," kata Kapolres Langkat AKBP Doddy Hermawan. 
 
Jumlah narapidana di lapas itu tercatat 1.600 narapidana, 215 di antaranya perempuan. Pantauan Antara, banyak warga sekitar lapas memadati lokasi kejadian. Pembakaran terjadi sekitar pukul 14.00 WIB, dan berhasil dipadamkan pukul 16.30 WIB.
 
"Pemicu dari kejadian dan peristiwa itu karena danya perbedaan pendapat antara narapidana dengan petugas lembaga pemasyarakatan," ucapnya.
 
Baca: Napi Bakar Fasilitas Lapas Narkotika Langkat
 

(LDS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif