Ilustrasi. (MI/Arya Manggala)
Ilustrasi. (MI/Arya Manggala) (Solmi)

Gubernur Jambi Ancam Potong Tunjangan ASN yang Bolos

liburan idul fitri
Solmi • 11 Juni 2019 15:37
Jambi: Gubernur Jambi Fachrori Umar menyatakan akan menindak tegas para aparatur sipil negara (ASN) yang membolos setelah libur Lebaran 2019. Fachroti memastikan ASN yang membolos bakal diberi sanksi. 
 
"Kita akan periksa sampai beberapa hari ke depan, ke seluruh OPD dan pusat pelayan masyarakat. Hasilnya akan kita laporkan langsung ke Kementerian PAN-RB," ujar Fachrori, Selasa, 11 Juni 2019.
 
Fachrori menyebutkan, berdasarkan hasil sidak ke beberapa OPD Jambi yang dilakukan bersama beberap tim, tingkat kahadiran ASN masih di atas 90 persen. Dia berharap kehadiran ASN mencapai 99 persen sampai batas pemeriksaaan, Rabu, 12 Juni 2019. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia mengungkap, sanksi tegas yang akan diberikan kepada ASN maupun tenaga kerja tidak tetap yang membolos tanpa alasan, antara lain berupa pemotongan Tunjangan Penambah Penghasilan (TPP) sebesar 30 persen kepada ASN yang tidak masuk pada hari pertama. Selanjutnya ASN yang membolos dikenakan sanksi hukuman disiplin karena melakukan pelanggaran terhadap kewajiban Pasal 3 angka 17 yang tercantum dalam Peraturan Pemerintah nomor 53 Tahun 2010.
 
"Jadi, ASN yang tidak masuk tanpa keterangan pada hari pertama ini, TPP mereka akan dipotong sebesar 30 persen serta mendapatkan teguran secara tertulis oleh Kepala OPD masing masing," imbuhnya. 
 
Berdasarkan lapor tim yang dia terima, jumlah ASN yang bolos pada hari pertama masuk kerja, Senin, 10 Juni, kemarin, sebanyak 12 orang, mencakup sejumlah OPD. Terbanyak ASN yang bolos kedapatan di Dinas PUPR Jambi, sebanyak 30 orang tidak masuk. Delapan orang di antaranya tidak masuk tanpa keterangan.
 

(LDS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif