26 Pengungsi dari Afghanistan Terlantar di Belawan

Farida Noris 28 April 2018 15:38 WIB
keimigrasianimigrasi
26 Pengungsi dari Afghanistan Terlantar di Belawan
Sejumlah masyarakat sepakat membawa para pengungsi ke aula lantai dua Masjid Jami, Belawan, Medan, Sumatera Utara. Medcom.id/Farida Noris
Medan: Sebanyak 26 pengungsi asal Afghanistan ditampung di aula lantai 2 Masjid Jami, Kelurahan Belawan ll, Kecamatan Medan Belawan, Medang, Sumatera Utara. Mereka sempat terlantar lantaran tidak tertampung di Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Medan di Belawan.

Ketua DPP Kesatuan Aksi Umat Islam (Kaumi) Irfan Hamidi  mengatakan ke-26 warga Afghanistan terdiri dari 10 pria, 11 wanita dan 5 anak-anak. Mereka sengaja menampung pengungsi karena tak bisa lagi ditampung Rudenim Medan.

Kejadian berawal tiga hari lalu, saat anggota DPP Kaumi datang ke kantor Rudenim untuk mendata jumlah pengungsi untuk diberikan bantuan menyambut bulan Ramadan. Terungkap, ada pengungsi yang tidur di emperan rumah warga di depan kantor Rudenim.


"Kemudian anggota tersebut melaporkan sama saya," ucap pria yang juga menjabat sebagai Ketua Badan Kenajiran Masjid (BKM) Jami Belawan, Sabtu 28 April 2018.

Dia mengaku langsung melihat kondisi para pengungsi yang terlantar. Akhirnya dia dan sejumlah masyarakat sepakat membawa para pengungsi ke aula lantai 2 Masjid Jami.

Usut punya usut, warga Afghanistan ini sudah 3 minggu lebih terlantar di depan Kantor Rudenim Medan.

"Kami merasa terpanggil dan kasihan kepada mereka terutama anak-anaknya yang tidur tanpa kelambu, terkena angin malam dan bila siang tersengat matahari. Maka kami bawa ke Masjid Jami," pungkasnya.

DPP Kaumi berharap Pemerintah segera mengambil tindakan untuk penyelamatan para pengungsi warga Afghanistan tersebut.



(SUR)