ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id (ant)

MPP Padang Layani 104 Perizinan

pemerintah daerah
ant • 29 Desember 2018 13:00
Padang: Masyarakat Kota Padang, Sumatra Barat kini tak perlu bingung untuk mengurus dokumen sekaligus dalam sekali waktu. Pemerintah Kota Padang telah meresmikan Mal Pelayanan Publik (MPP) yang terletak di kompleks Pasar Raya Padang Blok III lantai 4. Mal ini nantinya dapat melayani 104 peizinan. 
 
"Dengan hadirnya MPP masyarakat lebih dimanjakan karena memotong antrean dan bisa mengurus berbagai izin di satu lokasi," kata Wali Kota Padang Mahyeldi di Padang.
 
Menurutnya MPP merupakan upaya meningkatkan kualitas layanan publik yang cepat mudah terjangka aman dan nyaman serta terintegrasi. Ia merinci dari 104 perizinan tersebut terdiri atas 84 jenis untuk pemerintah kota Padang dan 20 jenis dari instansi vertikal, BUMN dan BUMD.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pada tahap awal sudah bergabung 10 instansi vertikal di MPP," kata dia.
 
Pelayanan yang diberikan mulai dari  pembuatan SIM, Surat Keterangan Catatan Kepolisian, dan lainnya oleh Polresta Padang, pelayanan pembuatan paspor, izin menggunakan tenaga asing, izin tinggal, dan lainnya oleh imigrasi hingga pelayanan pengurusan NPWP pribadi dan perusahaan oleh Pajak Pratama 1 dan 2.
 
Selain itu juga pengurusan daftar nikah, haji, dan umrah oleh Kemenag Padang, daftar buku dan klaim oleh PT Jasa Raharja dan BPJS Kesehatan. Lalu, layanan pasang baru PLN dan PDAM, daftar baru  dan klaim BPJS Ketenagakerjaan  dan Kesehatan, serta layanan lain oleh sejumlah OPD Pemko Padang.
 
Ia menyampaikan kehadiran MPP merupakan bentuk komitmen Pemkot untuk menghadirkan pelayanan publik yang berkualitas dan dipilih di lokasi yang strategis.
 
Sementara Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokraksi Syafruddin menyebutkan MPP Padang merupakan yang ke-11 di Tanah Air.
 
"Untuk yang Sumatera merupakan yang kedua setelah Kepulauan Riau," ujar dia.
 
Sebelum di Padang, kata dia, MPP telah ada di Jakarta, Surabaya, Banyuwangi, Denpasar, Batam dan Kota Bekasi, dan empat ibu kota lain. Ia menjelaskan MPP merupakan komitmen pemerintah dalam meningkatkan pelayanan publik dengan layanan terpadu di tempat yang strategis.
 
Sejalan dengan itu Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit turut berharap kehadiran MPP di Kota Padang ini dapat menjadi rujukan bagi kabupaten dan kota lainnya di Sumbar.
 

(ALB)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif