Ilustrasi/Medcom.id.
Ilustrasi/Medcom.id. (ant)

KPU Percepat Pengiriman Logistik Pemilu ke Daerah Pedalaman

kampanye pileg pilpres 2019 pemilu serentak 2019
ant • 10 April 2019 18:55
Pekanbaru: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau, mempercepat proses pengiriman logistik Pemilu 2019 ke daerah pedalaman untuk mengantisipasi gangguan cuaca tingginya curah hujan. Ketua KPU Indragiri Hulu (Inhu) Yeni Mairida, mengatakan pengiriman logistik Pemilu ke daerah pelosok dijadwalkan pada 13 April atau H-4 sebelum hari pencoblosan. 
 
"H-4 (pengiriman) untuk daerah yang sulit" kata Yeni, Rabu 10 April 2019. 
 
Menurut dia, jadwal itu dipercepat satu hari dari biasanya berdasarkan hasil rapat koordinasi dengan Panitia Pemilih Kecamatan (PPK). Pertimbangannya karena kondisi cuaca belakangan ini curah hujannya cukup tinggi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pihak penyelenggara tidak ingin proses pengiriman terlambat karena kondisi infrastruktur di daerah pedalaman belum semuanya mulus, seperti jalan masih berupa tanah dan pengerasan. Bahkan, ada juga lokasi di pedalaman yang hanya bisa dijangkau dengan transportasi air lewat sungai.
 
"Biasanya pengiriman H-3, tapi hasil Rakor PPK minta dipercepat karena kondisi cuaca sering hujan," ujarnya.
 
Ia mengatakan ada empat daerah sulit yang akan didahulukan untuk pengiriman logistik Pemilu, yakni Kecamatan Batang Gansal, Batang Cenaku, Rakit Kulim dan Batang Peranap.
 
Yeni berharap seluruh surat suara sudah siap untuk didistribusikan pada H-4, karena masih cukup banyak yang kurang. KPU Inhu masih menunggu kiriman kekurangan surat suara untuk pemilihan DPD, DPR RI dan Pilpres.
 
"Kekurangan terjadi karena surat suara rusak seperti ada bercak besar. Kalau untuk daerah pemilihan 3 dan 4 sudah selesai disortir dan dilipat. Kini kami menunggu semoga pada H-4 sudah siap semua untuk dikirimkan," katanya.
 
Sebelumnya, KPU Inhu menyatakan ada kekurangan 7.801 surat suara untuk mengganti yang rusak. Sebanyak 7.801 surat suara yang rusak diantaranya untuk Pemilihan Presiden sebanyak 1.637 lembar, lalu untuk DPR RI 5.359 lembar, dan untuk DPD masih kurang 805 lembar.
 

(ALB)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif