Penerimaan Pajak di Sumut Capai Rp8,4 Triliun
ilustrasi
Medan: Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Sumatera Utara (Kanwil DJP Sumut) I mencatat sebanyak Rp8,4 triliun atau sekitar 6,68 persen penerimaan pajak berhasil dikumpulkan selama Januari hingga Mei 2018.

"Sementara untuk periode yang sama di tahun lalu hanya Rp7,8 triliun," kata Kepala Kanwil DJP Sumut I, Mukhtar, Jumat, 8 Juni 2018.

Dia mengatakan target penerimaan pajak tahun ini sebesar Rp20 triliun, maka realisasi penerimaan Kanwil DJP Sumut I hingga Mei telah mencapai 41,97 persen.


"Kami berkomitmen untuk mengamankan pencapaian target penerimaan tahun 2018 ini. Pengawasan terhadap pelaksanaan kewajiban perpajakan dan penegakan hukum pun terus dilakukan," ujarnya.

Mukhtar menambahkan sehubungan dengan Libur Nasional dan Cuti Bersama Idulfitri 1.439 H yang jatuh pada 11 hingga 20 Juni 2018, Kantor Pelayanan Pajak (KPP) tidak membuka layanan perpajakan pada tanggal tersebut.

"Kecuali layanan pengembalian PPN atas barang bawaan Orang Pribadi Pemegang Paspor Luar Negeri (VAT Refund for Tourist) di Bandara Internasional Kualanamu," terangnya.

Dia mengingatkan pembayaran dan pelaporan SPT masa pajak Mei 2018 yang jatuh tempo antara tanggal 11 sampai dengan 20 Juni 2018 dapat dilakukan paling lambat pada hari kerja berikutnya yakni tanggal 21 Juni 2018.

"Pembayaran dan pelaporan SPT tetap dapat dilakukan selama masa Libur Nasional dan Cuti Bersama Idulfitri 1439H secara elektronik melalui layanan DJP Online yakni e-Billing dan e-Filing," pungkasnya.

Segala pelayanan, penyuluhan dan sosialisasi yang dilakukan oleh pihaknya dan KPP tidak dipungut biaya. Seluruh pembayaran pajak hanya dapat dilakukan melalui sistem elektronik e-Billing dan dilakukan pada Bank Persepsi atau Kantor Pos serta tidak dibayarkan kepada petugas pajak.

"Kami juga mengimbau para Wajib Pajak dan masyarakat agar berhati-hati terhadap penipuan yang mengatasnamakan para pejabat di lingkungan Kanwil DJP Sumut I," tutupnya.



(ALB)