Personil TNI Ditangkap karena Mengaku Bawa Bom dalam Pesawat

Alex Rajes 11 Juni 2018 20:48 WIB
teror bom
Personil TNI Ditangkap karena Mengaku Bawa Bom dalam Pesawat
Pesawat Wings Air bernomor IW 1293 yang sempat tertahan karena candaan bom. Medcom.id/Alex Rajes
Padang: Otoritas Bandar Udara Wilayah VI menahan Serda NS, personil TNI, di Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Padang Pariaman, Sumatera Barat, Senin, 11 Juni 2018, siang. Penumpang Wings Air bernomor IW 1293 tujuan Jambi itu mengaku membawa bom.

"Pelaku merupakan abdi negara yang sedang melakukan mudik, dari Aceh-Medan transit di Padang selanjutnya menuju Jambi," kata Executive General Manager PT Angkasa Pura II Cabang BIM, Dwi Ananda Wicaksana saat dihubungi Medcom.id.

Pengakuan soal bom tersebut disampaikan NS pada seorang pramugari yang tengah memeriksa barang-barang bawaan penumpang. Kardus itu diletakkan di sebelah NS.


Saat ditanyai pramugari perihal isi kardus, NS malah menjawabnya isinya bom. Pramugari Wings Air langsung melaporkannya ke kapten pilot pesawat.

"Penumpang saat itu diturunkan lagi dan petugas memeriksa kembali semua barang-barang bawaan penumpang. Sedangkan NS diserahkan pada petugas keamanan," kata dia.

NS kemudian dibawa ke Posko Pengamanan Bandara oleh petugas Avsec APII untuk diamankan bersama dengan satuan TNI-Polri.

Belakangan diketahui, ternyata isi kardus tersebut hanya ransum TNI. Namun, NS tetap menjalani pemeriksaan lebih lanjut. Serta penerbangan pesawat berpenumpang 72 orang dilanjutkan.

"Kami juga mengimbau kepada seluruh masyarakat, jangan sesekali bercanda soal bom khususnya di Bandar Udara, apalagi di pesawat udara. Karena itu jelas melanggar UU yang telah ditetapkan oleh pemerintah," pungkas Dwi.



(SUR)