Ilustrasi. Medcom.id/M Rizal
Ilustrasi. Medcom.id/M Rizal (Antara)

Puting Beliung Rusak 16 Bangunan di Aceh Utara

puting beliung
Antara • 11 Juni 2019 18:53
Banda Aceh: Peristiwa angin kencang puting beliung telah merusak 16 bangunan termasuk delapan unit rumah toko (ruko) dan satu kantor kepala gampong (desa), Senin 10 Juni 2019. Kerusakan tersebar di sepuluh desa di empat kecamatan Aceh Utara.
 
"Puting beliung diAceh Utara terjadi kemarin sekitar pukul 17.10 WIB dan mengakibatkan 25 keluarga keluarga terdampak," ujar Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Teuku Ahmad Dadek di Banda Aceh, Selasa 11 Juni 2019.   
 
Dua unit bangunan rusak berat akibat tertimpa pohon tumbang. Lima rumah, satu kantor desa, dan delapan unit ruko dilaporkan rusak ringan.   

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Belasan bangunan di Kecamatan Seneudon tersebar di tiga desa, yakni Matang Anoe, Cot Kafiraton, dan Matang Jeuleukat. Di Kecamatan Baktiya Barat meliputi desa Cot Paya dan Cot Buket. Desa terdampak di Kecamatan Simpang Keuramat berada di Alue Badee dan Keudee Simpang serta Kecamatan Tanah Jambo Aye di Matang Jurong.   
 
"Memang kondisi rumah yang rusak, karena mayoritas bagian atap rumah dilapisi seng lepas beterbangan ke udara akibat puting beliung di hujan deras. Tetapi ada juga atap rumah tertimpa pohon kelapa," katanya.
 
BPBD setempat telah melakukan pendataan serta berkoordinasi dengan berbagai instansi terkait untuk penanganan masa darurat. "Mereka (BPBD Aceh Utara) juga membantu warga melakukan pembersihan material angin puting beliung di rumah masyarakat," ungkap Dadek.   
 
Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Aceh menyatakan, cuaca di provinsi paling barat Indonesia dewasa dipengaruhi angin bertekanan rendah di musim kemarau. Cuaca panas ini berpotensi memunculkan angin kencang.
 

(SUR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif