Mahasiswa Sumsel Diajak Kawal Pemanfaatan Infrastruktur

Ilham wibowo 12 Februari 2018 15:51 WIB
infrastruktur
Mahasiswa Sumsel Diajak Kawal Pemanfaatan Infrastruktur
Menhub Budi Karya Sumadi di Palembang/Medcom.id/Ilham Wibowo
Palembang: Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengajak ribuan mahasiswa di Sumatra Selatan mengawal pemanfaatan infrastruktur yang menjadi proyek strategis nasional. Proyek tersebut perlu dipastikan berdampak pada perubahan gaya hidup masyarakat modern.  

"Saya khusus datang ke Palembang kumpul dengan ribuan mahasiswa tujuannya mengomunikasikan apa yang diprogramkan oleh pemerintah," kata Budi dalam acara bertajuk Sukses Indonesiaku di Palembang Sport & Convention Center, Sumatra Selatan, Senin, 12 Februari 2018.

Satu di antara proyek yang bakal menjadi ikon baru Kota Palembang ialah kereta ringan atau light rapid transit (LRT) dengan  panjang lintasan 23 kilometer. Mahasiswa , kata Budi, sengaja dijadikan garda terdepan menyebarluaskan perubahan budaya bertransportasi di perkotaan.


"Ini lifestyle transportasi di kota besar, Palembang harus bangga jadi kota terdepan," ucap dia.

Proyek pemerintah senilai hampir Rp10 triliun itu tak akan berhasil bila tak maksimal dimanfaatkan masyarakat. Menurut Budi, pemerintah daerah Sumsel juga telah didorong mengintegrasikan layanan transportasi yang telah ada untuk menggerakkan roda perekonomian masyarakat di daerah.  

"Pemanfaatan yang maksimal bisa menggerakkan fungsi ekonomi yang baik, karenanya mahasiswa sebagai ujung tombak informasi, dari mereka yang kritis, dan dari mereka yang menjadi panutan kemudian mengerti apa yang dibuat pemerintah dan memanfaatkanya secara baik," beber Budi.

Ia menjelaskan kehadiran proyek LRT merupakan penerapan nawacita konektivitas infrastruktur perhubungan darat. Kota Palembang sengaja dipilih lantaran menjadi satu di antara empat kota besar yang ada di Pulau Sumatera dan perlu mendapatkan percepataan pembangunan.  

"Fasilitas ini tidak bertumpu di Jawa saja, tapi sampai Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan lain sebagainya agar masyarakat pinggiran bisa merasakan. Contoh di Palembang saat ini adalah LRT," ucap dia.

Kemenhub  berencana menguji coba commisioning LRT Palembang mulai Maret hingga Mei 2018. Perkembangan pembangunan fisik saat ini sudah mencapai 86 persen. Pengoperasian akses penghubung Bandar Udara Sultan Mahmud Badaruddin menuju kawasan Sport City Jakabaring ini diharapkan rampung sepenuhnya untuk menunjang pergelaran Asian Games Agustus 2018.



(OJE)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id