Sebuah rumah di Kecamatan Matangkuli, Aceh Utara, terendam banjir, MI - Amiruddin Abdullah
Sebuah rumah di Kecamatan Matangkuli, Aceh Utara, terendam banjir, MI - Amiruddin Abdullah (Antara)

Banjir Akibat Kawasan Resapan Air Hilang

Banjir di Sumatera
Antara • 19 Oktober 2018 12:58
Banda Aceh: Banjir merendam 295 gampong atau permukiman di Aceh. Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) menduga banjir terjadi akibat kawasan resapan air di daerah aliran sungai (DAS) hilang.
 
Pantauan pada Jumat, 19 Oktober 2018, banjir masih merendam dua gampong. Kedua gampong berlokasi di Aceh Barat.
 
"Yaitu Cot Amun di Kecamatan Samatiga dan Jalan Ateung Tepat di Kecamatan Woyla," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Teuku Ahmad Dadek.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


BPBA mencatat banjir merendam 295 gampong di 50 kecamatan di sembilan kabupaten. Yaitu Aceh Singkil, Aceh Selatan, Aceh Barat, Nagan Raya, Aceh Barat Daya, Aceh Jaya, Simeulue, Pidie, dan Aceh Utara. Jumlah korban diprediksi mencapai 51 ribu jiwa.
 
Dadek mengatakan bencana banjir dan longsor terjadi akibat hujan deras yang mengguyur wilayah hulu sejak 9 Oktober 2018. 
 
"Di saat bersamaan, permukaan air laut yang merupakan muara sungai mengalami kenaikan, sehingga arus sungai menjadi terblokir. Rata-rata banjir mencapai kedalaman 0,5 sampai dengan 1,5 meter," lanjut Dadek.
 
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan Aceh belum memasuki musim hujan. Tapi banjir dan longsor sudah terjadi.
 
"Masa peralihan telah kita lalui pada September 2018. Pada Oktober 2018, kita berada di musin hujan, tetapi bukan puncaknya," kata Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Aceh, Zakaria Ahmad.
 
Zakaria memperkirakan puncak musim hujan di Aceh pada November 2018 untuk wilayah barat dan selatan. Tapi secara umum, seluruh wilayah di Aceh memasuki musim hujan pada Desember.
 
Lihat video:
 

 

(RRN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif