Hari ke-10, Belum Ada Satupun Parpol Daftarkan Calegnya ke KPU Riau

Anwar Sadat Guna 13 Juli 2018 16:16 WIB
pileg
Hari ke-10, Belum Ada Satupun Parpol Daftarkan Calegnya ke KPU Riau
ilustrasi Medcom.id
Pekanbaru: Memasuki hari ke 10 masa pendaftaran calon anggota legislatif (caleg) Pemilu 2019, belum ada satupun parpol yang mendaftarkan calegnya di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau. Aktivitas pendaftaran caleg di KPU Riau masih tampak sepi. 

Anggota KPU Riau, Ilham, mengatakan, saat ini baru dua parpol yang memberikan konfirmasi akan datang ke KPU untuk mendaftarkan calegnya pada Minggu besok. Dua partai politik itu adalah Partai Demokrat dan Partai Golkar.

"Partai Demokrat akan datang Sabtu besok sekitar pukul 14.00 WIB. Partai Golkar tidak menyebutkan jam berapa akan datang, hanya mengonfirmasi bahwa mereka akan datang Sabtu besok," ujar Ilham saat ditemui di Kantor KPU Riau, Jumat, 13 Juli 2018. 


Partai lainnya, yakni NasDem, Hanura, PPP, PKB, Partai Garuda, Perindo, PBB, dan PKS telah mengonfirmasi akan mendaftarkan calegnya pada Senin, 16 Juli 2018. Sedangkan Partai Berkarya datang ke KPU pada Minggu, 15 Juli 2018. Adapun PDIP, PAN, dan PKPI belum memberikan konfirmasi kapan akan mendaftarkan calegnya ke KPU. 

"Hanya PDIP, PAN, dan PKPI yang belum memberikan informasi kapan mereka akan ke KPU," ujarnya. Sesuai mekanismenya, caleg mendaftar ke parpol. Berkas para caleg dicek dan diseleksi oleh parpol. Jika sudah dinyatakan lengkap, selanjutnya parpol mendaftarkan calegnya ke KPU.

Adapun masa pendaftaran caleg Pemilu 2019 di KPU yakni tanggal 4 hingga 17 Juli 2018. "Kami membuka pendaftaran hingga 17 Juli 2018 pukul 24.00 WIB. Lewat dari pukul itu, kami sudah tidak menerima pendaftaran lagi," ujarnya. 

Pantauan Medcom.id, belum ada aktivitas yang menonjol di Kantor KPU Provinsi Riau. Selain hadir sejumlah staf Sekretariat KPU, beberapa anggota KPU Riau juga tampak hadir di kantor tersebut, termasuk Ketua KPU Riau Nurhamin. 

"Bapak lagi ada tamu. Kalau mau ketemu bisa tunggu sebentar," ujar staf KPU kepada Medcom.id. Sekadar diketahui, KPU Riau baru saja menyelenggarakan Pilgub Riau 2018. Pilkada Serentak 2018 di wilayah ini terbilang lancar dan aman. 

Bahkan tidak ada sengketa pilkada yang diajukan calon gubernur selama tiga hari masa waktu pengajuan sengketa setelah pleno rekapitulasi perolehan suara, pada Minggu, 8 Juli 2018 lalu. 




(ALB)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id