Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.
Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal. (Nur Azizah)

AirNav Pastikan NYIA Beroperasi April

airnav
Nur Azizah • 21 Februari 2019 06:10
Jakarta: Tower Air Traffic Controller (ATC) New Yogyakarta Internasional Airport (NYIA) masih dalam proses pembangunan. Kendati belum rampung, Direktur AirNav Indonesia Novie Riyanto memastikan NYIA akan tetap beroperasi pada April 2019. 
 
"Pembangunan tower on the track. Saat ini sedang pembangunan pondasi," kata Novie di Padang, Rabu, 2 Februari 2019.
 
Novie menargetkan pembangunan rampung awal April 2019. Apabila pembangunan belum selesai, operasional bandara tetap akan berjalan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"April internasional flight sudah jalan. Saat ini Standar Operasional Prosedur bandara baru Jogja sudah selesai dan akan dipublikasikan," ungkapnya.
 
Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi akan memastikan kelayakan operasional New Yogyakarta Internasional Airport (NYIA) pada akhir Maret 2019. Budi mengatakan, jika Bandara NYIA lolos kelayakan, maka pada awal April bandara tersebut akan langsung beroperasi.
 
"Saya akan cek akhir Maret. Setelah cek, nanti akan kita tentukan April jadi atau tidak beroperasinya," kata Budi kepada Medcom.id di Kota Tangerang, Banten, Rabu, 20 Februari 2019. 
 
Budi menjelaskan, rencananya awal operasional Bandara NYIA hanya melayani penerbangan internasional. Kehadiran Bandara NYIA, diharapkan mengurangi beban penumpang dari Bandara Adisutjipto Yogyakarta.
 
"Penerbangan sementara hanya melayani ke Singapura, Malaysia, dan umroh. Semoga bisa mengurangi beban angka penumpang di Adisutjipto," jelas Budi.
 
Budi kembali mengatakan, pihaknya menjamin keamanan bagi para calon penumpang pada masa operasional bandara. Menurut Budi, sejumlah area bandara yang belum selesai dibangun juga akan mendapat penjagaan dari petugas.
 
"Kan penumpangnya hanya yang tertentu selektif ke luar negeri, paling satu dua penerbangan saja, jadi berharap bisa diminimalisir kesalahan hingga semuanya rampung," pungkas Budi. 
 

(AGA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif